DetikSport
Selasa 25 April 2017, 20:10 WIB

Erick Thohir, Kapan Umumkan Cabang Olahraga di Asian Games 2018?

Mercy Raya - detikSport
Erick Thohir, Kapan Umumkan Cabang Olahraga di Asian Games 2018? Foto: @Cricket_INA
Jakarta - Pengurus pusat/besar cabang olahraga meminta agar INASGOC dan OCA segera mengumumkan cabang olahraga di Asian Games 2018. Sebab, waktu menuju pesta olahraga bangsa-bangsa se-Asia itu makin mepet.

Federasi olahraga di luar cabang olimpiade sedang resah. Sebab, belakangan muncul kabar dari media asing yang memuat daftar cabang olahraga (cabor) yang dipertahankan dan dicoret dari Asian Games 2018.

Lagipula, waktu menuju Asian Games 2018 terus berjalan. Dengan digeber mulai 18 Agustus 2018, pelatih dan atlet hanya tinggal memiliki waktu persiapan selama 479 hari mulai hari ini.

Sementara itu, INASGOC (panitia penyelenggara Asian Games 2018) dan Olympic Council of Asia (OCA) tak juga merespons. Seperti dikutip insidethegames.biz, kriket menjadi salah satu cabor yang berpotensi dicoret dari Asian Games 2018 bersama surfing, skateboard, dan sambo. Pengurangan nomor menimpa ju jitsu, jet ski, panjat tebing, bridge, dan wushu.

Sekretaris Jenderal Persatuan Cricket Indonesia (PCI), Arsyad Achmadin, meminta agar INASGOC dan OCA segara memberikan kepastian tentang cabor di Asian Games 2018. Sebelum benar-benar ada pengumuman resmi, dia masih memperjuangkan agar kriket dilombakan di Asian Games 2018.

"Kami belum menerima pengumuman resmi dari KOI atau OCA apakah cricket dimainkan atau tidak. Yang kedua, kami masih berjuang karena menurut KOI keputusannya itu pada Agustus 2017. Jadi kami masih mempunyai harapan untuk tetap cricket dipertandingkan," kata Arsyad kepada detikSport pada Selasa (25/4/2017).

Sebelumnya, surfing juga meminta agar INASGOC segera memastikan cabor-cabor di Asian Games 2018.

Arsyad tidak setuju dengan pendapat Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla atau JK yang juga Ketua Tim Pengarah Asian Games 2018, yang berencana mengurangi cabor demi efisiensi anggaran. Sebab, pengefektifan anggaran tidak bisa dilakukan dengan cara mematikan cabor. Dia menawarkan solusi anggaran untuk pelaksanaan perlombaan bisa diambil dari pos penyelenggaraan yang mubazir.

"Cost effective itu tidak harus mengurangi cabor. Itu salah. Pengefektifan anggaran itu hanya untuk penyelenggaraan, yang dianggap mubazir. Jadi jangan bunuh cabornya. Ini kan sama saja membunuh prestasi atlet yang sedang berjuang dan mempunya harapan untuk bertanding. Jadi salah banget kalau cabornya yang dimatikan. Tidak boleh," keluh dia.

"Kalau pun ingin cost effektive itu harusnya di penyelenggaraan, misalnya acara pembukaan dan penutupan, kemudian cost untuk kedatangan delegasi, panitia dirampingkan dari 100 bisa jadi 50. Mobil, misalnya untuk delegasi dari harusnya Mercy bisa diganti Kijang. Jadi banyak cara. Jangan cabor yang dikorbankan. Kapan lagi kita bertanding di negara sendiri menjadi tuan rumah," tambahnya.

Arsyad menambahkan PCI akan terus berjuang sampai akhir batas waktu, di samping ia juga meminta bantuan dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk menjembatani dengan OCA.

"Kami akan melobi OCA dan kami minta KOI untuk membantu secara intens untuk memperjuangkan dalam pertemuan OCA. Katanya rapat Koordinasi Komite Asian Games terakhir kan Agustus 2017."

Atlet Masih Berlatih

Sembari menunggu kepastian cabor yang dipertandingkan, tim nasional kriket masih melakukan pemusatan latihan sampai saat ini. pelatnas kriket diisi 28 atlet putra putri di Bali dan Cibubur, Jakarta Timur.

"Kami sudah menyiapkan atlet kami untuk SEA Games dan Asian Games 2018. Kami juga sudah pelatnas mandiri sejak selepas PON 2016. Kami langsung bentuk timnas, kami ujicoba sendiri ke Korea, Australia, Singapura, dan Malaysia. Total ada 28 atlet (14 putra dan 14 putri)," kata Arsyad.

Arsyad menjelaskan PCI membagi dua pelatnas di Bali dan Cibubur karena sejauh ini dua lokasi itulah yang paling sering ada pertandingan, di samping kesiapan fasilitas yang mumpuni.

"Selain itu, atlet-atlet kita ini sejauh ini bersumber dari dua lokasi itu. Katanya April ini, pelatnas kriket sudah mulai dimasukkan dalam SK (Surat Keputusan ) Prima." ujar dia.

Arsyad mengatakan di Asian Games nanti PCI berani memasang target medali emas untuk timnas putri. "Waktu ujicoba kemarin di Korea kita berhasil memukul Korea 4-1, sementara Malaysia 3-0, dan SIngapura 3-0. Jadi tidak ada alasan cricket tidak main di Asian Games nanti. Karena kalau tidak ditempat (negara) sendiri, kapan lagi," katanya.

"Memang untuk tim putra rada berat khususnya negara-negara seperti Thailand dan Sri Lanka," sebutnya.



(mcy/fem)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • NBA

    Thunder Kalah Lagi

    DETIKSPORT | Senin 23 Oktober 2017, 12:48 WIB Oklahoma City Thunder menjalani start musim yang kurang meyakinkan. Thunder menderita dua kekalahan beruntun usai dikalahkan Minnesota Timberwolves 113-115.
  • Jalan Terjal Andrea Dovizioso

    DETIKSPORT | Senin 23 Oktober 2017, 12:33 WIB Andrea Dovizioso menghadapi jalan terjal di dua seri sisa MotoGP 2017, dalam usahanya menjaga persaingan berebut gelar juara dunia dengan Marc Marquez.
  • 20detik

    Dovizioso Belum Menyerah Atasi Marquez

    DETIKSPORT | Senin 23 Oktober 2017, 12:24 WIB Andrea Dovizioso kehilangan poin berharga di MotoGP Australia. Namun, Rider Ducati ini masih optimis dalam perburuan gelar juara dunia.
  • 20detik

    Harry Kane Masih Fantastis

    DETIKSPORT | Senin 23 Oktober 2017, 09:45 WIB Spurs menang telak dengan skor 4-1 atas Liverpool. Harry Kane mencetak dua gol dan dua gol lainnya dicetak Son Heung-Min dan Dele Alli.
  • Kemenangan yang Tak Disangka-sangka Hamilton

    DETIKSPORT | Senin 23 Oktober 2017, 08:46 WIB Lewis Hamilton kian dekat dengan titel juara Formula 1 2017 usai menang di GP Amerika Serikat. Pebalap Mercedes itu mengaku tak menyangka menang di Austin.
  • Mercedes Juara Dunia Konstruktor Lagi

    DETIKSPORT | Senin 23 Oktober 2017, 06:34 WIB Belum ada yang bisa menandingi Mercedes GP di Formula 1 saat ini. Untuk empat musim beruntun, Mercedes kembali jadi juara dunia konstruktor.
  • Hasil F1 GP Amerika 2017

    DETIKSPORT | Senin 23 Oktober 2017, 03:48 WIB Lewis Hamilton makin mendekatkan dirinya ke titel juara dunia F1 musim ini. Ini berkat kemenangan pebalap Mercedes GP itu di Amerika Serikat.
  • WTA Finals

    Pliskova dan Muguruza Mengawali dengan Kemenangan

    DETIKSPORT | Minggu 22 Oktober 2017, 21:33 WIB Karolina Pliskova memetik kemenangan atas Venus Williams di hari pertama WTA Finals. Di pertandingan berikutnya, Garbine Muguruza mengalahkan Jelena Ostapenko.
  • Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior

    Gregoria Mariska Juara, Indonesia Rebut Dua Gelar

    DETIKSPORT | Minggu 22 Oktober 2017, 20:52 WIB Indonesia merebut dua gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior. Di nomor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung tampil sebagai juara dunia.
  • 20detik

    Marquez Top! Highlights GP Australia

    DETIKSPORT | Minggu 22 Oktober 2017, 18:03 WIB Yuk kita intip keseruan balapan GP Australia. Bagaimana akhirnya Marquez bisa berdiri di puncak podium.
  • Marquez: Sekarang Waktunya Lebih Sabar

    DETIKSPORT | Minggu 22 Oktober 2017, 16:56 WIB Marc Marquez menyadari peluangnya untuk menjadi juara dunia MotoGP musim ini amat besar. Marquez pun tak mau ceroboh di dua seri tersisa.
  • Cerita Rossi tentang Aksi Gila Iannone

    DETIKSPORT | Minggu 22 Oktober 2017, 16:30 WIB Valentino Rossi merasa punya potensi memberi persaingan lebih sengit untuk Marc Marquez di Phillip Island, jika bukan karena aksi gila Andrea Iannone.
  • Strategi Marquez Berjalan Mulus

    DETIKSPORT | Minggu 22 Oktober 2017, 15:57 WIB Marc Marquez tahu tak mungkin memacu motornya habis-habisan dari awal hingga akhir. Marquez pun memainkan strategi yang akhirnya berjalan dengan baik.
  • Foto Sport

    Begini Serunya Balapan di Phillip Island

    DETIKSPORT | Minggu 22 Oktober 2017, 14:05 WIB Balapan MotoGP Australia berjalan seru dari awal hingga akhir. Marc Marquez akhirnya tampil sebagai pemenang, disusul Valentino Rossi dan Maverick Vinales.
  • Rossi Nikmati Duel Sengit di Phillip Island

    DETIKSPORT | Minggu 22 Oktober 2017, 13:09 WIB Valentino Rossi naik podium kedua MotoGP Australia usai melewati duel sengit. Rider Movistar Yamaha itu mengaku menikmati persaingan di Phillip Island.
  • Berjaya di Phillip Island, Marquez: Luar Biasa!

    DETIKSPORT | Minggu 22 Oktober 2017, 13:00 WIB Marc Marquez senang benar usai memenangi balapan MotoGP Australia. Rider Repsol Honda itu mengaku sudah punya perasaan balapan akan menguntungkan dirinya.
  • Hasil MotoGP Australia

    DETIKSPORT | Minggu 22 Oktober 2017, 12:50 WIB Balapan MotoGP Australia berjalan seru dari awal hingga akhir. Marc Marquez akhirnya tampil sebagai pemenang, disusul Valentino Rossi dan Maverick Vinales.
  • Tonton Live Streaming MotoGP Australia di Sini

    DETIKSPORT | Minggu 22 Oktober 2017, 10:10 WIB Balapan kelas primer MotoGP Australia 2017 akan segera dimulai beberapa waktu lagi. Anda bisa menyaksikan live streaming-nya di halaman ini.