DetikSport
Minggu 30 Juli 2017, 14:57 WIB

F2

Masalah Komunikasi Hambat Sean Raih Poin di Budapest

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Masalah Komunikasi Hambat Sean Raih Poin di Budapest Sean Gelael di Feature Race F2 Hongaria (Foto: Istimewa)
Budapest - Sean Gelael nyaris meraih poin di feature race F2 Hongaria sebelum akhirnya gagal. Masalah komunikasi tim ditenggarai jadi alasannya.

Sean sebenarnya memulai balapan di sirkuit Hungaroring, Sabtu (29/7/2017) malam WIB, kemarin dengan situasi tak menguntungkan. Dia harus memulai balapan dari posisi ke-20.

Namun, pada saat balapan, Sean justru tampil gemilang dan mampu menyodok hingga urutan terdepan untuk akhirnya finis posisi kesembilan. Dengan demikian, Sean seharusnya bisa mendapat dua poin.

Tapi, di akhir balapan, steward menjatuhkan penalti 10 detik kepada Sean sehingga dia harus turun ke posisi ke-14 dan tak mendapatkan poin sama sekali. Penalti ini didapat Sean karena melanggar aturans DRS.

Pagi hari sebelum balapan Feature, tim FIA sebenarnya sudah mensosialisasikan aturan DRS kepada semua tim principal. Namun, dalam keterangan Tim Jagonya Ayam kepada detikSport, disebutkan pihak Arden tidak mengkomunikasikan regulasi DRS ini kepada para pebalapnya, baik itu Norman Nato maupun Sean.

Pada balapan di Hungaroring, pemakaian DRS baru bisa dilakukan setelah pebalap melewati area start dan finis pada putaran kedua di zona DRS, bukan pada titik awal zona DRS yang berada sebelum garis start dan finis.

Rekan setim Sean, Norman Nato selamat dari aturan DRS karena Nato harus start dari pit akibat mengalami gangguan teknis pada mobilnya. Dengan memulai balapan dari pit, posisi Nato dengan pebalap lain agak jauh tertinggal. Nato pun tidak bisa memakai keuntungan DRS karena jarak dengan pebalap lain lebih dari satu detik.

Pada balapan sprint, Minggu (30/7/2017), Sean start posisi ke-14. Sementara Nato, yang finis di posisi ketujuh pada feature race, akan memulai balapan sprint dari urutan kedua.



(mrp/mrp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed