DetikSport
Senin 07 Agustus 2017, 13:30 WIB

Selain Uang, Menpora Wacanakan Bonus PNS dan Rumah untuk Peraih Emas SEA Games

Danu Damarjati - detikSport
Selain Uang, Menpora Wacanakan Bonus PNS dan Rumah untuk Peraih Emas SEA Games Presiden Joko Widodo saat melepas kontingen Indonesia ke SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Senin (7/8/2017). (Foto: istimewa)
Jakarta - Para atlet peraih medali SEA Games 2017 Kuala Lumpur tak hanya dijanjikan bonus uang seperti yang sudah-sudah. Ada wacana untuk bonus ditambah dengan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan dapat rumah.

Kontingen Indonesia ke SEA Games 2017 Kuala Lumpur dilepas presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (7/8/2017). Indonesia mengirimkan 533 atlet. Mereka didampingi 170 pelatih dan manajer, 55 pimpinan, dan 122 orang peserta mandiri.

Meski SEA Games 2017 Kuala Lumpur ini tak menjadi prioritas kerja Kemenpora dan KOI tahun ini, pemerintah malah menjanjikan bonus besar. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menyebut para atlet peraih medali bukan hanya akan menerima bonus berupa uang, tapi juga menjadi PNS dan mendapatkan rumah.

[Baca Juga: Ini Prioritas Kerja Menpora di Tahun 2017]

"Sesuai arahan Bapak Presiden, bonus tidak harus berupa uang saja tetapi harus ada stimulan yang lain. Seperti halnya kami sudah berbicara dengan Menteri PAN RB, bahwa peraih medali emas nanti akan dipromosikan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS)," tutur Imam di sela-sela pelepasan kontingen Indonesia ke SEA Games di Istana Presiden.

Untuk mewujudkan rencana itu, Imam akan berkoordinasi dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Asman Abnur. Usulan itu bukan hal baru. Tak sedikit pensiunan atlet yang dalam prosesnya menajdi PNS di Kemenpora dan pemerintah provinsi asal.

Selain itu, Imam memunculkan wacana atlet yang berhasil meraih emas SEA Games untuk dihadiahi rumah.

"Kami sudah berbicara dengan menteri PUPR agar ada fasilitas perumahan bagi peraih medali. Tentu ini lompatan baru yang disiapkan pemerintah. Kita akan melihat lebih lanjut dengan Kementerian PUPR," kata Imam.

Ada pula wacana untuk menggandeng BUMN, agar atlet yang berprestasi bisa direkrut sebagai pegawai BUMN nantinya. "Sehingga masa depan atlet betul-betul terjamin," kata Imam.

Yang pasti, bonus uang akan diberikan Kemenpora untuk para atlet berprestasi. Imam tak merinci anggaran untuk bonus atlet ini.

"Kalau uang tunai sudah pasti, meskipun anggarannya harus kita rasionalisasi kembali," kata Imam.

SEA Games Kuala Lumpur nanti mempertandingkan 38 cabang olahraga dan memperebutkan 405 medali emas, 405 medali perak, dan 529 medali perunggu. Indonesia ikut dalam 37 cabang olahraga. Target Indonesia kali ini adalah meraih 55 medali emas dan 95 perak dari 30 cabang olahraga.


(dnu/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed