detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 19 Agu 2017 13:29 WIB

Secuil Kekecewaan Agus Prayogo Gagal Hadiahkan Emas di HUT Kemerdekaan RI

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Agus Prayogo menyesal tak bisa memberi kado medali emas untuk HUT RI ke-72. (Rifqy Ardito/detikSport)
Jakarta - Niat tulus Agus Prayogo untuk memberi kado ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 dengan emas dari maraton SEA Games 2017 Kuala Lumpur kandas. Dia pun menyimpan penyesalan.

Bunyi letupan senapan tanda start memecah keheningan pagi buta di kawasan Putrajaya, Malaysia, Sabtu (19/8/2017). Arloji baru menunjukkan pukul 06.00 waktu setempat, kurang lebih pukul 05.00 waktu Jakarta, tapi saat itulah 16 pelari top Asia Tenggara mulai mengayunkan kaki dan beradu ketahanan dan kecepatan. Mereka harus melahap lintasan sepanjang 42,195 kilometer pagi tadi.

Agus, 31 tahun, salah satu di antaranya. Pelari Indonesia yang juga anggota TNI AD itu perlahan-lahan membuka jarak seiring jalannya perlombaan, tapi ia ditempel ketat oleh atlet Singapura, Soh Rui Yong.

Agus terus memimpin, hingga akhirnya di kilometer 40, Soh tancap gas dan mendahuluinya. Agus bukannya tak mencoba mengimbangi. Tapi, dia mengakui, Soh lebih cerdik dalam menjalankan strategi. Agus yang memimpin perlombaan hingga fase akhir lomba dipaksa menguras tenaga. Sebaliknya, Soh yang menguntitnya bisa lebih efektif mengatur tenaga dan mental.

Maka saat melintasi garis finis di posisi dua, pelari kelahiran Bogor itu diselimuti perasaan campur aduk. Dia cukup puas sudah bisa mengerahkan upayanya yang terbaik, tapi kecewa gagal memberikan emas untuk Indonesia yang masih dibalut suasana perayaan kemerdekaan.

"Sebenarnya saya pengin sekali bisa memperjuangkan medali emas karena ini masih suasana kemerdekaan. Tapi, ya medali ini saya persembahkan untuk hari ulang tahun kemerdekaan RI yang ke-72," Agus berujar seusai lomba, dengan keringat yang masih bercucuran.

Tapi boleh jadi kegagalan meraih emas kali ini bisa jadi pemicu untuknya. Agus masih akan tampil di dua nomor lain, yakni di lima ribu meter dan 10 ribu meter. Enggan mengumbar-umbar target, Agus cuma bertekad tampil semaksimal mungkin.

"Saya masih ada waktu seminggu untuk recovery. Saya akan fokus juga di nomor lima ribu meter dan 10 ribu meter. Cukup tidak cukup waktu jeda akan saya manfaatkan sebaik mungkin. Target? Lakukan yang terbaik," ujarnya sembari menebar senyum.


(raw/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com