DetikSport
Jumat 08 September 2017, 00:12 WIB

Jumlah Atlet Peraih Emas SEA Games 2017 yang Diangkat Jadi PNS Masih Dikaji

Mercy Raya - detikSport
Jumlah Atlet Peraih Emas SEA Games 2017 yang Diangkat Jadi PNS Masih Dikaji Foto: Sigid Kurniawan/Antara Foto
Jakarta - Pemerintah masih mengkaji berapa jumlah atlet peraih medali emas di SEA Games 2017 yang akan menerima bonus pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Indonesia membawa pulang 38 medali emas di SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Jumlah itu di bawah target yang dipatok pemerintah, yaitu 55 keping emas.

Meski demikian, pemerintah telah menyiapkan bonus, tidak hanya berupa uang tunai tapi juga pengangkatan menjadi PNS tanpa tes.


Namun, di antara pemilik medali emas tersebut ada beberapa atlet yang sudah berstatus sebagai aparatur negara. Seperti pelari Triyaningsih, yang sudah menjadi PNS sejak tahun 2009 di Kemenpora sebagai fungsional pelatih.

"Jika sudah menjadi PNS ya tidak dimasukkan lagi," kata Menpora Imam Nahrawi kepada detikSport.

Senada dengan Imam, Sekretaris Menpora Gatot S. Dewa Broto menuturkan jika sampai saat ini belum ada arahan untuk menaikkan golongan atau pangkat atlet yang sudah berstatus sebagai PNS.

Tapi, pihaknya akan mempertimbangkan jika ada usulan dari induk cabang olahraga yang bersangkutan.

"Belum. Saat ini yang baru terpikir adalah mengangkat atlet menjadi PNS. Tapi itu termasuk catatan pertimbangan kami juga. Asal ada surat permohonan dari induk cabang olahraga mungkin dipertimbangkan oleh Kemenpora untuk diajukan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia," ujarnya.

"Jadi tidak mengangkat menjadi PNS, tapi mengusulkan untuk dinaikkan golongan atau pangkatnya," ucap dia.

Jumlahnya Masih Dikaji

Meski sudah menjamin bakal memberi bonus uang tunai sekaligus tambahan menjadi PNS, Kemenpora masih menyisir berapa jumlah atlet yang akan menerima bonus menjadi aparatur negara.

"Masih kami sisir. Tidak bagus jika langsung mengumumkan mengangkat mereka tapi administrasinya belum rapi," kata Gatot.

"Harus diverifikasi juga apakah yang bersangkutan benar-benar ingin menjadi PNS atau tidak. Selain itu, memastikan pendidikannya apa? karena syarat jadi PNS minimal SMA. Tapi, yang jelas mereka tidak perlu tes seperti lazimnya menjadi PNS," tambahnya.

Tapi, Gatot juga mengakui bahwa kuota penerimaan PNS sudah ditetapkan oleh Kemenpan-RB. "Kuotanya sudah ditentukan. Tapi, saya tidak bisa sebut. Yang jelas akan ada uang tunai dan pengangkatan PNS," kata Gatot yang juga enggan menyebut anggaran bonus untuk SEA Games dan ASEAN Para Games tahun ini.



(mcy/mfi)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed