DetikSport
Senin 02 Oktober 2017, 16:23 WIB

MenPAN RB: Peraih Emas SEA Games & ASEAN Para Games Jadi PNS di Bidang Olahraga

Danu Damarjati - detikSport
MenPAN RB: Peraih Emas SEA Games & ASEAN Para Games Jadi PNS di Bidang Olahraga Ilustrasi: Iksan Apriyadi menunjukkan medali emas dari judo 73kg putra di SEA Games 2017 Kuala Lumpur, (Sigid Kurniawan/Antara Foto)
Jakarta - Janji pemerintah untuk memberi bonus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) kepada peraih emas SEA Games kian jelas. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) menyebut mereka akan ditempatkan di bidang olahraga.

Selain bonus berupa uang, atlet peraih medali emas SEA Games 2017 Kuala Lumpur dijanjikan sebagai PNS. Rupanya, janji PNS juga bakal berlaku untuk para peraih emas di ajang multievent lain. Bahkan, untuk level Olimpiade, penyumbang perunggu pun berpotensi menjadi PNS.

"Bisa nanti di Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) dulu atau bisa didistribuskan di daerah," kata MenPAN RB, Asman Abnur, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (2/8/2017).

Tak hanya di kementerian, atlet-atlet berprestasi itu berpotensi ditugaskan di daerah. Mereka akan difokuskan untuk mengisi kursi di keolahragaan.

"Kan mereka bisa dijadikan pelatih di daerah untuk Pemda (Pemerintah Daerah)-Pemda begitu," tutur Asman.

Namun begitu, regulasi perekrutan PNS dari kalangan atlet masih dalam taraf penggodokan. MenPAB RP masih berkoordinasi dengan Kemenpora.

Tak menutup kemungkinan, para pelatih bakal mendapatkan jatah sebagai PNS.

"Yang mendapat emas saja. Kalau olimpiade mungkin sampai perunggu," kata Asman.

Syarat-syarat untuk PNS dari atlet berprestasi juga masih perlu dipastikan, termasuk soal syarat ijazah pendidikan terakhir. Asman ingin regulasi soal ini bisa rampung secepatnya.

"Sekarang sedang disusun syarat-syaratnya, termasuk syarat-syarat minimum ijazahnya. Lagi digodok," kata Asman.

Sebelumnya, beberapa jam sebelumnya, para atlet difabel yang sukses menjadikan Indonesia juara umum Para Games ASEAN 2017 menemui Presiden Jokowi. Mereka membahas soal bonus pula, salah satunya bonus menjad PNS untuk atlet peraih emas.



(dnu/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed