DetikSport
Selasa 10 Oktober 2017, 22:55 WIB

Senam Terkejut Tidak Masuk SK Prima 1 Oktober

Mercy Raya - detikSport
Senam Terkejut Tidak Masuk SK Prima 1 Oktober Foto: Sigid Kurniawan/Antara Foto
Jakarta - Cabang senam tidak masuk dalam Surat Keputusan Prima 1 Oktober. Artinya senam belum dilihat sebagai cabang unggulan untuk Asian Games 2018 mendatang.

Senam menyumbang medali emas di SEA Games 2017 Kuala Lumpur lalu atas nama Rifda Irfanaluthfi. Nomor balok keseimbangan menjadi nomor penyumbang emas tersebut.

Namun prestasi Rifda tersebut belum mampu membuat cabang senam menjadi prioritas Satlak Prima untuk Asian Games mendatang. Dalam SK Satlak Prima teranyar, senam tak dimasukkan dalam 23 cabang prioritas Asian Games.

Padahal, kata Eva, setelah SEA Games dia bersama dua atletnya, termasuk Rifda telah menjalani latihan intensif sepulang dari Kuala Lumpur. Langkah itu dilakukan sesuai dengan mandat Prima ketika di Kuala Lumpur, jika latihan harus terus berjalan.

"Saya baru diberitahu oleh manajer jika senam tak masuk SK Prima. Saya syok karena rasanya seperti dipotong di tengah jalan," kata pelatih senam, Eva Butar-Butar, kepada detikSport, Selasa (10/10/2017).

"Saat di Malaysia, kami disuruh lanjut oleh Prima. Tetapi tiba-tiba diinformasikan senam tidak masuk. Kaget dong."

"Mungkin kalau hanya dapat perak kami bisa maklum. Ini sudah emas dan habis-habisan dan kami tujuannya untuk Asian Games," bebernya kemudian.

Rifda menurut Eva, layak diperhitungkan karena memiliki peluang. Dia berkaca pada hasil Kejuaraan Asia di Jepang, dua tahun lalu. Saat itu Rifda meraih peringkat lima Asia.

"Ya, jangan langsung dikecilkan juga. Skill atlet kita tidak jauh kok. Dia pernah peringkat lima Kejuaraan Asia 2015 di Jepang, lalu kemarin emas di Asia Tenggara, artinya ada kesempatan dan peluang. Tapi saya kecewa hal itu tak dilanjutkan."

Terpisah, Ketua Satuan Pelaksana Prima Achmad Soetjipto membenarkan jika senam tidak masuk dalam SK 1 Oktober karena dinilai tidak masuk dalam prioritas meraih medali di Asian Games. Sejauh ini, Prima mencatat ada 271 atlet dari 23 cabang olahraga yang masuk dalam prioritas Prima.

"Tapi senam mungkin bisa masuk ke dalam SK Januari," kata Soetjipto.
(mcy/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed