DetikSport
Selasa 24 Oktober 2017, 21:05 WIB

Menpora Terkejut dengan Rencana Peleburan KONI dan BSANK

Mercy Raya - detikSport
Menpora Terkejut dengan Rencana Peleburan KONI dan BSANK Menpora Imam Nahrawi (Dok. Kemenpora)
Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi terkejut dengan rencana peleburan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Badan Standarisasi dan Akreditasi Nasional Keolahragaan (BSANK). Dia tak menyangkanya.

Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menyebutkan ada delapan lembaga nonstruktural yang rencananya akan dilebur oleh pemerintah. Dua di antaranya adalah KONI dan BSANK.

KONI dan BSANK dinilai memiliki tugas yang sama dengan deputi di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Untuk mengantisipasi adanya tumpang tindih kewenangan, kedua lembaga itupun bakal dilebur.

[Baca Juga: Kemenpora Tanggapi Kabar Peleburan KONI dengan BSANK]

"Oh, ya? belum dengar (sebelumnya). Saya (justru) baru dengar ini," kata Imam di Kantor Kemenpora, Senayan, pada Selasa (24/10/2017).

Namun, Imam tak ingin menjadikannya sebagai polemik. Dia juga enggan berkomentar soal kemungkinan KONI dan BSANK dilebur. Padahal, KONI bekerja sesuai dengan UU Sistem Keolahragaan Nasional Nomor 3 tahun 2005 sedangkan BSANK bekerja berdasarkan Perpres dan sudah dilantik oleh Menpora Imam Nahrawi pada dua tahun lalu.

Seandainya dua lembaga itu benar-benar dilebur maka berpotensi berimbas terhadap nasib federasi olahraga. Sebab, KONI merupakan payung organisasi cabang olahraga. Dalam Peraturan Presiden baru Nomor 95 tahun 2017 tentang Prestasi Olahraga Nasional Indonesia, KONI bertugas membantu pemerintah melakukan pengawasan dan pendampingan dalam pelaksanaan pengembangan bakal calon atlet berprestasi yang dilakukan induk cabang olahraga. Termasuk, pengawasan dalam seleksi dan pelatihan oleh induk cabor.

"Kami belum bisa banyak berpikir. Wong kami belum tahu kok. Ini latar belakangnya apa? Pertimbangan mereka melebur itu belum tahu apa," kata Sekretaris Menpora, Gatot S. Dewa Broto, terpisah.



(mcy/fem)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed