detiksport
Follow detikSport
Senin, 08 Jan 2018 12:30 WIB

Pemerintah Umumkan Atlet PNS dari SEA Games 2017 pada 17 Januari

Mercy Raya - detikSport
Foto: Mercy Raya/detikSport Foto: Mercy Raya/detikSport
Jakarta - Pemerintah akan mengumumkan daftar atlet yang akan diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 17 Januari. Itu sebagai apresiasi peraih medali emas di SEA Games 2017.

Indonesia membawa pulang 38 medali emas di SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Selain memberikan bonus uang tunai, pemerintah juga akan merealisasikan rencana pengangkatan atlet peraih emas menjadi PNS.

Pengumuman itu diungkapkan setelah Menteri Pemuda dan Olaharaga Imam Nahrawi melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Dalam pertemuan itu diagendakan realisasi bonus pengangkatan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) bagi atlet berprestasi, pada Senin (8/1/2018) pagi.

"Insya Allah ini sudah hampir final. Kami harapkan nanti pertengahan Januari tepatnya tanggal 17 mendatang akan kamk umumkan atlet-atlet yang diberikan formulasi khusus untuk menjadi PNS," kata MenPAN RB, Asman Abnur, kepada pewarta.

"Kriteria-kriterianya nanti kami legalkan dalam bentuk peraturan menteri termasuk juga peraturan Menpora sehingga ke depan atlet-atlet yang berprestasi ini punya masa depan dan juga bermanfaat buat negara," dia menambahkan.

Sampai saat ini, lanjut dia, penetapan kuota tergantung kriteria yang diatur dalam Permenpora dan Permenpan.

"Tentu kriterianya adalah tingkat dunia medali apa yang diperoleh, ASEAN apa, kemudian nasional apa? Di sana nanti diatur dalam Permenpora dan Permenpan. Termasuk dengan jabatannya akan tergantung pendidikannya sesuai dengan fokus dijadikan pegawai kemenpora dulu. Nanti bisa saja didistribusikan ke daerah, bisa ke provinsi atau kabupaten kota," ujar dia.

"Kami berharap dengan demikian timbul semangat baru untuk atlet-atlet kita. Jadi selama ini kita lihat atlet tidak punya masa depan, digunakan pada saat berprestasi ini nanti dia akan menjadi pegawai negeri yang bermanfaat sampai dia pensiun," imbuhnya.

Hal itu juga diamini oleh Menpora Imam Nahrawi. Menurutnya dengan terobosan baru ini para atlet di seluruh Indonesia bisa lebih semangat ke depannya.

"Ini adalah legacy terbaik beliau untuk atlet Indonesia yang kami harapkan bisa memacu semangat berprestasi khususnya menjelang Asian Games nanti. Karena di Asian Games selain bonus uanv juga mendapatkan bonus PNS karenanya momentum ini tidak boleh disia-siakan seluruh atlet. Ayo berjuang semasimal mungkin capailah prestasi yang terbaik karena pemerintah, Bapak Menpan RB memberikan masa depan yang cerah kepada seluruh atlet berprestasi," kata Imam.

"Untuk lokasinha kami akan lihat nanti ada kalanya atlet masih aktif, ketika aktif mungkin saja tetap di pelatnas dalam jangka hari, tapi hari lainnya ngantor secara administratif di kemenpora. Tapi selebihnya akan kembali ke daerah masing-masing. Di situ kita akan MoU dengan kepala daerah untuk ditempatkan di dinas pemuda dan olahraga," dia menerangkan.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed