detiksport
Follow detikSport
Selasa, 16 Jan 2018 01:29 WIB

Incar Dua Emas di Asian Games 2018, Perahu Naga Uji Coba ke Singapura dan China

Mercy Raya - detikSport
Tim perahu naga (dok. Kemenpora) Tim perahu naga (dok. Kemenpora)
Purwakarta - Tim perahu naga Indonesia akan beruji coba ke China dan Singapura. Uji coba ini penting untuk mematangkan diri jelang Asian Games 2018.

Tim perahu naga berlatih di Waduk Jatiluhur, Jawa Barat, sejak 2016 secara berkesinambungan. Saat ini ada 24 atlet yang mengikuti pelatnas.

"Program kami terus berjalan meski SEA Games kemarin kami tidak dipertandingkan. Jadi jalan terus," kata pelatih tim perahu naga, Yong Mardinal, saat ditemui di Jatiluhur, Jawa Barat, Senin (15/1/2018).

Tak sekadar latihan, Yong berencana untuk menempa para atletnya dengan melakukan uji coba ke beberapa negara. Rencananya, mereka akan bertolak ke Singapura untuk mengikuti DBS Marina Regatta Singapura 2018 pada Mei mendatang. Kemudian, pada bulan berikutnya mereka akan menjalani Kejuaraan Asia di China.

Meski jadwalnya berdekatan, Yong tak khawatir dengan peak performance para atletnya. "Kami memang punya dua peak yaitu di try out dan Asian Games makanya jadwalnya dibuat berdekatan," ujar Yong.

Di Asian Games 2018, nanti perahu naga akan memperlombakan lima nomor, yakni 1.000 meter putra, 500 meter putra, 200 meter putra, 200 meter putri, dan 500 meter putri. Masing-masing dari nomor itu terdiri dari 10 pedayung, 1 drummer, dan 1 juru mudi. Tim perahu naga berharap bisa merebut dua medali emas.


"Untuk penentuan tim inti perahu naga akan ditentukan akhir bulan Juni ini. Jadi kami memang terus mengadakan tes internal setiap hari untuk mendapat tim intinya," katanya.


(mcy/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed