detiksport
Follow detikSport
Jumat, 09 Feb 2018 13:45 WIB

Instruksi Puan Agar Kemayoran-Senayan 34 Menit Belum Terpenuhi

Mercy Raya - detikSport
Foto: Grandyos Zafna/detikSport Foto: Grandyos Zafna/detikSport
Jakarta - Pemerintah meminta panitia penyelenggara Asian Games (INASGOC) 2018 mampu mengantarkan atlet dari Kemayoran ke Senayan dalam waktu 34 menit. Belum bisa diprakatikkan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menginstruksikan agar test event digunakan untuk menguji transportasi. Salah satu poin yang ditekankan adalah waktu tempuh dari Kemayoran ke Senayan dan sebaliknya. Puan menyebut dua titik itu bisa ditempuh dalam waktu 34 menit.

[Baca Juga: Test Event Asian Games: Menguji Waktu Tempuh 34 Menit Kemayoran-Senayan]

Setelah diuji coba pada hari pertama test event, Kamis (8//2), sejumlah timnas basket, yang sudah memulai test event, membutuhkan waktu lebih lama dari skenario. Sebagai contoh, timnas basket Timor Leste harus menghabiskan waktu kurang lebih satu jam untuk menuju Hall A di kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta dari Wisma Atlet Kemayoran.

"Dari perjalanan kami ke venue ini jujur kami dikawal. Semuanya pakai protokol, tapi tetap saja pengalaman tadi hampir satu jam," kata pelatih tim basket Timor Leste, Fonseca Inacio Da Silva.

Direktur Transportasi INASGOC, Ipung Purnomo, akan segera mencari solusi. Dia bakal berupaya keras agar waktu tempuh menjadi lebih singkat.

[Baca Juga: Kemacetan Jakarta Bikin Tim Basket Timor Leste Lelah]

"Memang ini masih dalam taraf uji coba. Kami juga sama mencoba semua pekerjaan yang baru. Jadi, memang awal-awal kami ada kekurangan tapi intinya ke depan akan kami perbaiki. Kami usahakan seminimal mungkin agar si atlet bisa datang tepat waktu," kata Ipung kepada detikSport, Jumat (9/2/2018).

"Untuk saat latihannya kami menguji itu. Tapi fokus kami sebenarnya saat game timenya. Jangan dipukul rata seperti itu. Karena untuk latihan tidak ditarget waktu kalau pertandingan mengupayakan untuk sesegera mungkin. Jadi kalau latihan lebih sedikit mohon maklumi. Tapi saat pertandingan kami upayakan semaksimal mungkin supaya tidak terjadi keterlambatan sedemikian lama," dia menjelaskan.

Ipung menambahkan, sampai hari ini panpel belum melakukan pengalihan arus lalu lintas untuk mengatasi macet.

"Sementara belum. Akhir pekan ini (Minggu) baru ada pengalihan arus," ujarnya.

"Sama juga untuk pintu masuk pengunjung tak ada perubahan, yakni tetap di Plaza Barat. Sementara delegasi, atlet, ofisial dan sebagainya, tetap masuk dari pintu 7. Intinya kami berupaya untuk melakukan yang terbaik," dia menambahkan.


(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed