detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 16 Feb 2018 01:26 WIB

Ganti Libero, Indonesia 2 pun Juara

Femi Diah - detikSport
Foto: Grandyos Zafna. Foto: Grandyos Zafna.
Jakarta - Timnas Indonesia (INA) 2 keluar sebagai juara voli putra pada test event Asian Games 2018. Pergantian libero menjadi kunci kemenangan.

Dalam final di Tennis Indoor kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Kamis (15/2/2018), INA 2 menang lewat pertandingan sengit 3-2 (21-25, 18-21, 25-21, 25-18, 15-11). INA 2, yang diisi oleh mayoritas pemain Bank Sumsel, membalikkan keadaan setelah tertinggal dua set.

Pelatih INA 2, Samsul Jais, mengakui anak asuhnya tampil buruk pada dua set pertama. Kemudian, dia menarik keluar Bastian Tamtomo Putro dan memberikan tempatnya kepada Muhamad Kadavi.

"Masuknya libero Davi membuat tim lebih bersemangat. Sistemnya bisa kembali berjalan dan anak-anak bisa menjalankan instruksi pelatih dengan baik," kata Samsul dalam konferensi pers usai pertandingan.

"Pada set pertama dan kedua, permainan tidak berjalan. Kami sudah diserang dari bola-bola servis," dia menambahkan.

Di kubu INA 1, yang mayoritas diisi Pertamina Energi Jakarta, mengakui ketangguhan lawan. Dia bilang pemainnya percaya diri berlebihan setelah unggul 2-0.

"Setelah unggul 2-0, anak-anak menjadi hilang fokus, over confidence. Set pertama dan kedua bisa diambil dengan mudah, namun setelah mendapatkan tekanan malah lengah," kata Andri Widiyatmoko, pelatih INA 1.

Pada test event ini, voli hanya memanggungkan tim putra. Kedua tim yang tampil bukan Timnas, tapi merupakan juara dan runner-up Proliga 2017. (fem/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed