DetikSport
Jumat 09 Maret 2018, 17:55 WIB

Kemenko PMK Gelar Rapat Terkait Asian Para Games 2018

Mercy Raya - detikSport
Kemenko PMK Gelar Rapat Terkait Asian Para Games 2018 Foto: Mercy Raya
Jakarta - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menggelar rapat tingkat menteri di kantornya, Jumat (9/3/2018). Rapat ini membahas prestasi dan infrastruktur di Asian Para Games (APG) 2018.

Dalam pertemuan itu hadir Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Ketua Panitia Penyelenggara Asian Para Games Raja Sapta Oktohari, dan Ketua National Paralympic Committee (NPC) Senny Marbun.


Puan menjelaskan dalam pembahasan tadi ada beberapa hal pokok. Pertama soal prestasi yang diharapkan bisa mendulang kesuksesan seperti saat ASEAN Para Games, kemudian infrastruktur, dan perencanaan yang berkaitan dengan pawai obor Asian Para Games.

"Rakor berkaitan pelaksanaan APG pada 6 Oktober sampai 13 Oktober 2018. Namanya adalah Indonesia APG 2018 yang akan diikuti 43 negara NPC dihadiri 5 ribu atlet dan ofisial serta 576 nomor pertandingan," kata Puan.

"APG merupakan kelanjutan AG (Asian Games) yang akan dilaksanakan 18 Agustus sampai 2 September. Di mana semua hal yang berkaitan dengan prestasi atlet kita untuk bisa ikut memberikan kontribusi medali sesuai yang kita harapkan. Hal terpenting dan membanggakan, pada SEA Games lalu atlet disabilitas kita bisa banyak memberikan medali emas bahkan juara umum dimana kami berharap prestasi itu bisa dipertahankan bahkan bertambah di APG di Jakarta dengan venue di GBK."


"Insya Allah test event akan dilakukan pada 30 juni sampai 3 juli akan mempertandingkan 5 nomor pertandingan. Kalau test event berjalan baik, APG Insya Allah bisa berjalan baik juga," ujarnya.

Sementara soal infrastruktur, pihaknya terus melakukan sinkronisasi dengan Asian Games mengingat Indonesia akan lebih dulu menggelar ajang tersebut.

"Seperti wisma atlet yang akan digunakan di Kemayoran dan tower D dengan lima tower yang ada. Yang mana semua kamar fasilitas pendukungnya menyesuaikan dengan kebutuhan disabilitas," ucap Puan.

"Dan ini yang mengerjakan adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sehingga episiensi dari Asian Games ke Asian Para Games tetap menggunakan sarana prasarana yang digunakan. Itu juga kenapa hanya di Jakarta untuk bisa mempermudah para atlet melaksanakan pertandingan."

"Jadi insya Allah tak akan ada masalah. Semua sudah dalam rangka yang sesuai," tuturnya.

Menteri berusia 44 tahun ini juga mengatakan akan ada pawai obor yang akan digelar dalam waktu dekat, yakni di 7 kota dalam rangka menyambut Asian Para Games.



(mcy/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed