detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 10 Apr 2018 15:40 WIB

Pelatnas Panahan Diganggu Debu, CdM Anggap Bagian Latihan Mental

Mercy Raya - detikSport
Pelatnas panahan berlatih menuju Asian Games 2018. (Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta - Chef de Mission kontingen Indonesia ke Asian Games 2018, Syafruddin, melarang cabang olahraga mengumbar keluhan saat menjalani pemusatan latihan nasional. Dia minta persoalan diselesaikan dengan komunikasi.

Syafruddin meninjau latihan pelatnas panahan di Lapangan Panahan, kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Selasa (10/4/2018). Dia tengah memastikan kebutuhan atlet menuju Asian Games terpenuhi.

"Semua pasti ada (kendala) tapi pada umumnya telah terpenuhi dan semua akan gotong royong untuk membenahi. Baik itu pemerintah, pengurus cabang, sponsor, dan kami akan bicarakan lagi di sekretariat CdM," ujarnya.

[Baca Juga: Panahan Diinstruksikan Cetak Emas di Asian Games 2018]

Sebelum menuju panahan, Komjen Pol berusia 56 enam tahun juga mengunjungi cabang ju jitsu, menembak, juga cabang -cabang lain di hari sebelumnya.

Dia tak menampik ada keluh kesah yang disampaikan atlet kepadanya. Namun dia berupaya untuk menyempurnakannya dengan cara sering menjalin komunikasi.

[Baca Juga: Awas, Terpanah Pesona Dellie Threesyadinda]

"Kami akan rutin untuk melakukan pertemuan antara CdM, pimpinan cabor, kami akan evaluasi lagi, supaya kalau ada kekurangan sedikit kita akan minta Kemenpora untuk memenuhi," ungkapnya.

Yang menarik dalam tinjauan hari ini, pelatih, manajer, dan salah satu atlet kompak jika tak ada kendala sama sekali. Sebagai gambaran, di sisi kanan lapangan panahan terdapat para pekerja yang tengah menyelesaikan kawasan. Kondisi ini secara tidak langsung cukup mempengaruhi terutama bagian kesehatan atlet akibat debu pengerjaan pembangunan.

"Iya, proyek kalau berhenti nanti malah tidak beres. Jadi sekaligus latihan mental," kata Syafruddin.

"Karena panahan itu harus dilatih mentalnya. Jadi, saat pelaksanaan atau event kosentrasinya bagus. Jadi harus ada gangguan," sambung dia, yang juga diamini manajer tim panahan Freddy Rosandi.

"Kami memang butuh gempuran-gempuran seperti itu," Rosandi menimpali.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com