detiksport
Follow detikSport
Rabu, 18 Apr 2018 19:20 WIB

Jokowi Sentil Promosi Asian Games, Ini Respons Erick Thohir

Ray Jordan - detikSport
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengkritik minimnya promosi Asian Games 2018 Palembang dan Jakarta. Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir meresponsnya.

Jokowi menilai promosi Asian Games belum menunjukkan pergerakan signifikan hingga empat bulan menjelang hari H. Dalam rapat terbatas di Istana Bogor, Rabu (15/4/2018), Jokowi menginstruksikan agar promosi Asian Games kian gencar.

Usai rapat, Erick mengatakan imbauan itu tidak hanya ditujukan ke panitia, tetapi juga pihak kementerian dan pemerintah daerah.

Baca Juga: Presiden Jokowi Soroti Minimnya Promosi Asian Games

"Presiden mengharapkan bahwa promosi Asian Games ditingkatkan. Tidak hanya tadi, sebagai panitia, tentu juga kepada, tadi, kalangan pemerintah daerah, atau kementerian supaya Asian Games itu benar-benar jadi demam di masyarakat," kata Erick kepada pewarta.

Untuk meningkatkan promosi, Erick berencana menyiapkan strategis khusus. Terlebih event olahraga terbesar se-Asia itu akan berbenturan waktunya dengan jadwal sepakbola Piala Dunia 2018.

"Memang nanti kita akan ada strategi khusus. Apalagi kita tahu, bahwa ada Piala Dunia nih sebentar lagi. Jadi tidak mungkin tabrakan. Jadi nanti kita akan ada strategi yang insyaallah kita akan presentasikan ke beliau (Presiden Jokowi) minggu depan," katanya.

Tapi, Erick belum bisa menjabarkan secara rinci rencana tersebut. Termasuk dana yang dibutuhkan. Dia mengatakan pendanaan untuk promosi itu memang kecil dari keseluruhan dana Rp 6,6 triliun untuk Asian Games.

"Kalau kita lihat budgetnya dari Rp 6,6 triliun itu hampir 90 persen itu lebih ke penyelenggaraan, bukan di promosi. Karena memang ingat kalau teman-teman dulu dari dana Rp 8,7 triliun itu kan kita sudah menghemat hampir Rp 6,6 triliun. Jadi memang kita akan meninjau kembali dana-dana ini yang selama ini memang kita proyeksikan untuk penyelenggaraan," dia menjelaskan.

"Nanti kami akan presentasikan ke beliau (Jokowi) langsung," dia menambahkan.


(jor/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed