DetikSport
Sabtu 21 April 2018, 18:45 WIB

Ratusan Atlet Ramaikan Sungailiat Triathlon 2018

Deni Wahyono - detikSport
Ratusan Atlet Ramaikan Sungailiat Triathlon 2018 Sungailiat Triathlon 2018 (Foto: Deni Wahyono)
Bangka Belitung - Ratusan atlet dalam dan luar negeri meramaikan Sungailiat Triathlon 2018 yang digelar di pantai Tanjung Pesona, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Sabtu (21/4/2018). 520 atlet dari 18 negara ikut ambil bagian.

Buat sejumlah atlet nasional yang ikut serta, event tahunan yang digelar untuk keenam kalinya tersebut sekaligus dimanfaatkan sebagai pemanasan dalam menghadapi Asian Games mendatang.

Sementara itu mancanegara yang turut berpartisipasi antara lain berasal dari Aljazair, Australia, Denmark, Ethiopia, Prancis, Jerman, Hongaria, India, Jepang, Malaysia, Belanda, Selandia Baru, Portugal, Rusia, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat.

Di ajang kali ini, penyelenggara melombakan tiga kelas. Pertama adalah Long Distance, yang diawali renang di laut sejauh 1,9 km, bersepeda 90 km, dan lari 21,1 km.

Berikutnya ada kelas Standart Distance, dengan jarak renang 1,5 km, bersepeda 40 km, dan lari 10 km. Kelas terakhir adalah Sprint yaitu renang 750 meter, bersepeda 27 km, dan lari 5 km.

Ratusan Atlet Ramaikan Sungailiat Triathlon 2018Foto: Deni Wahyono

Atlet Triathlon Indonesia, Andi Gumilang, menjadi salah satu partisipan dalam lomba kali ini. Ia terlihat mendapat kalungan medali dari Sekda Babel Yan Megawandi usai melintasi garis finis dalam menjuarai kelas sprint putra.

"Ya, bisa masuk pertama meskipun belum waktu terbaik karena memang saya saat ini sedang persiapan menghadapi Asian Games pada Agustus nanti," katanya kepada detikSport.

"Untuk rute sepedanya sangat bagus. Rolling, ada tanjakan sangat menguras tenaga. Meskipun cukup panas tapi semuanya berjalan dengan lancar. Untuk view, inilah yang terindah dari semua pelaksanaan Triathlon di indonesia, ini terbaik menurut saya," ucapnya.

detikSport juga meminta penilaian salah seorang peserta asal Spanyol, Hemark, mengenai ajang tersebut. Ia menyebut sudah cukup bagus dengan tantangan tersendiri.

"Sangat bagus. Rutenya agak sedikit tinggi jadi yang tidak bagus cuacanya panas," ucapnya.

Event Sungailiat Triathlon ini merupakan agenda tahunan Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung untuk ajang promosi pariwisata. Ajang itu ditargetkan dapat menambah jumlah kunjungan wisatawan dalam dalam maupun luar negeri.

Ratusan Atlet Ramaikan Sungailiat Triathlon 2018Foto: Deni Wahyono

(krs/rin)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed