detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 07 Mei 2018 15:00 WIB

Tekad Diananda Choirunisa Raih Emas di Asian Games 2018

Mercy Raya - detikSport
Foto: Dok. Instagram @dianandach
Jakarta - Atlet panahan putri, Diananda Choirunisa, bertekad menandai Asian Games 2018 dengan medali emas. Dukungan yang lebih baik membuatnya lebih percaya diri.

Diananda menjadi salah satu atlet yang dipelatnaskan PP Perpani di Asian Games yang berlangsung 18 Agustus -2 September 2018. Dia berbekal medali emas SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Baru-baru ini, bersama Riau Ega Agatha Salsabila, Diananda meraih perunggu dari Kejuaraan Dunia untuk bertahan di tim nasional.

Pepanah asal Surabaya itu optimistis bisa meraih emas di Asian Games nanti. Dia akan memanfaatkan dukungan publik. Lagipula, Asian Games tahun ini menjadi pengalaman keduanya. Diananda sudah tak gugup lagi.

Baca Juga: Setelah Kejuaraan Dunia, Pelatnas Panahan Fokus Pulihkan Kondisi

"Waktu di Incheon kan saya masih kecil, duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), jadi mentalnya masih kurang, masih suka deg-degan kalau tanding. Sementara, sekarang sudah biasa saja, apalagi ketemu sama negara yang lebih bagus juga biasa saja. Tidak ada presure yang lebih," kata Diananda ketika berbincang-bincang dengan detikSport, di Lapangan Panahan, Senayan, Senin (7/5/2018).

Di Asian Games 2014, Diananda hanya mampu sampai babak perempat final. Dia dikalahkan wakil dari China. Dibandingkan dengan empat tahun lalu, menurut gadis kelahiran 16 Maret 1997 ini, persiapan tahun ini lebih baik.

Dia merasakan betul ada perbedaan pada program latihan yang ia terima dari pelatih. Dia mengaku lebih cocok yang sekarang ketimbang dulu.

"Lebih enak sekarang, programnya lebih masuk ke saya. Tapi kan setiap atlet berbeda merasakannya, tidak tahu yang lain. Selain itu dukungan sekarang juga lebih bagus, seperti alat dan anak panah sekarang dapat. Sementara dulu enggak, gajiian saja tersendat-sendat," dia mengungkapkan.

Sehubungan dengan itu, Diananda tak ingin menghilangkan kesempatan yang diberikan padanya. Terlebih secara fasilitas saat ini cukup.

Baca Juga: Raih Perunggu di Kejuaraan Dunia Panahan, Pelatih Belum Puas Sepenuhnya

"Target saya sih emas. Soalnya kemarin hasil di World Cup meski kurang puas (hasilnya) karena sebenarnya kalau saya pribadi berpikirnya bisa lebih dari itu. Masa Asian Games tidak bisa lebih dari itu, apalagi kita tuan rumah, latihannya juga di sini, medannya di sini, jadi targetnya ya tentu emas," katanya.

"Saya juga lebih percaya diri karena program latihannya sudah bagus, alatnya juga sudah didukung banget. Cuma mungkin uji cobanya saja yang perlu diperbanyak. Itu yang menjadi kendala," dia menjelaskan.

"Sejauh ini mengantisipasi kekurangan try out dengan menerapkan sistem kompetisi di setiap latihan. Jadi setiap hari selalu ada hasil, ada skor dan sejauh ini skor meningkat. Insya Allah peaknya di Asian Games nanti," kata Diananda yang akan turun di tiga nomor ini, recurve perorangan, campuran, dan beregu.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com