DetikSport
Jumat 11 Mei 2018, 12:30 WIB

Gunung Merapi Meletus, Pelatnas Panjat Tebing Libur Dua Hari

Mercy Raya - detikSport
Gunung Merapi Meletus, Pelatnas Panjat Tebing Libur Dua Hari Foto: Hendra Nurdiyansyah/Antara Foto
Yogyakarta - Pemusatan latihan tim panjat tebing nomor kombinasi diliburkan selama dua hari menyusul meletusnya gunung Merapi di Yogyakarta.

Gunung Merapi mengeluarkan suara gemuruh disertai asap membumbung tinggi pagi ini. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyampaikan Gunung Merapi mengalami letusan freatik.

Kondisi ini secara tak langsung ikut mempengaruhi aktivitas warga Yogyakarta. Termasuk di antaranya para atlet yang tengah melakukan pemusatan latihan menuju Asian Games 2018, salah satunya panjat tebing.

Panjat tebing melakoni pelatnas di Stadion Mandala Krida, Kota Yogyakarta. Saat ini, terdapat empat orang atlet dan dua pelatih yang tengah melakoni pelatnas di sana. Selain itu, tim nomor lain sedang menjalani try out di China.

Baca Juga: Merapi Meletus, PS Tira Vs PSMS Tanda Tanya

"Kebetulan saat ini tim besarnya sedang ada di China, di sini tinggal tim pelatnas nomor kombinasi. Memang kami putuskan untuk diliburkan menyusul ada kejadian di gunung merapi," kata manajer tim oanjat tebing Pristiawan Buntoro kepada detikSport, Jumat (11/5/2018).

"Besok kami akan lihat lagi kondisinya seperti apa. Paling tidak dua hari ini kami akan libur dulu, karena ada hujan abu cuma tipis," dia menambahkan.

Meski demikian, kata Pristiawan, kondisi atletnya saat ini baik. Sebab, lokasi pelatnas berada di tengah kota sehingga dampaknya tak terlalu signifikan.

"Sampai saat ini belum ada rencana pindah jika kondisi semakin memburuk. Kami belum bicarakan. Tapi rencananya 15 Mei ini kami akan berangkat ke Filipina untuk menjalani kejuaraan ASEAN selama tiga hari," dia mengungkapkan.

Banyak objek wisata yang ditutup karena meletusnya gunung merapi, saksikan selengkapnya di video 20Detik berikut:

[Gambas:Video 20detik]




(mcy/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed