DetikSport
Senin 14 Mei 2018, 12:07 WIB

Anies Pastikan Persiapan Asian Games 2018 Tak Terusik Tragedi Bom

Mochamad Zhacky - detikSport
Anies Pastikan Persiapan Asian Games 2018 Tak Terusik Tragedi Bom Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan persiapan Asian Games 2018 tak terganggu insiden bom di Surabaya. Anies meminta panitia pelaksana (INASGOC) menjadikan insiden bom tersebut sebagai bahan evaluasi.

Asian Games bergulri 18 Agustus hingga 2 September di Jakarta dan Palembang. Pesta olahraga bangsa-bangsa se-Asia itu diprediksi bakal diikuti 15. ribu orang dari 45 negara.

Rentetan bom di Surabaya dan Sidoarjo pun dikaitkan dengan faktor keamanan pada Asian Games 2018 itu. Anies menjamain Asian Games bakal aman.

Baca Juga: Ini Kata Erick Thohir Terkait Pengamanan Asian Games 2018

"Pada saat ini kita melihat masih panjang perjalanan dengan Asian Games. Tapi, ini justru menjadi bahan untuk kita bisa lebih waspada melihat potensi-potensi ancaman keamanan yang bisa kita deteksi," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (14/5/2018).

Mantan Mendikbud itu meminta panitia meningkatkan aspek keamanan di arena-arena Asian Games. Anies pun menyakinkan persiapan Asian Games sesuai rencana.

"Jadi, kasus-kasus seperti sekarang ini menjadi bahan untuk mengamankan Asian Games dengan lebih baik. Insyaallah tidak (mengganggu persiapan Asian Games)," ujar Anies.

Anies menyebut sudah berkoordinasi dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz khusus untuk pengamanan objek vital di Ibu Kota. Dia memastikan kondisi Jakarta aman dan mengimbau masyarakat untuk tetap waspada.

Baca Juga: Teror Bom Beruntun, Warganet Harap Asian Games Berjalan Lancar

"Sampai dengan pagi tadi kita komunikasi terus. Bahkan tidak lama sebelum saya datang ke sini (Balai Kota), saya bicara dengan Pak Kapolda memantau perkembangan terakhir. Alhamdulillah, Jakarta aman terkendali dan seluruh aparat Kepolisian, Kodam, Satpol PP dan aparatur pemerintah semua dalam posisi siaga," Anies memaparkan.

Bom bunuh diri terjadi di tiga gereja di Surabaya kemarin, Minggu (13/5) pagi. Malam harinya, ledakan bom terjadi di salah satu rumah susun di Sidoarjo, Jawa Timur.

Terkini, bom juga meledak di Polrestabes Surabaya pagi tadi. Sejumlah polisi menjadi korban akibat insiden bom di Polrestabes Surabaya.



(zak/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed