DetikSport
Selasa 15 Mei 2018, 13:40 WIB

Dua Dunia Pebasket Cantik Ranie Palma

Femi Diah - detikSport
Dua Dunia Pebasket Cantik Ranie Palma Atlet Timnas basket 3x3 Ranie Palma (Grandyos Zafna/detikSport)
FOKUS BERITA: One on One: Ranie Palma
Jakarta - Ranie Palma menjadi skuat inti Tim nasional basket 3x3 ke Asian Games 2018. Dia juga berpredikat Miss DKI Jakarta 2015.

Nama lengkapnya Yusranie Noory Assipalma. Tapi, mahasiswi desain interior Universitas Trisakti itu itu lebih dikenal dengan nama pendeknya, Ranie Palma.

Kini, Ranie mengisi Timnas basket 3x3 putri untuk Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Bersama tiga rekannya, Christie Apriyani Rumambi, Jovita Elizabeth, dan Lea Elvensia Wolobubo Kahol, Ranie baru saja pulang dari uji coba di China.

Ranie berharap besar bisa terus menghuni pelatnas basket 3x3 putri hingga Asian Games. Dia berhasrat mengenakan jersey merah putih dan menyumbangkan medali.

"Ini basket 3x3 kemungkinan banyak banget, sangat terbuka (untuk mendapatkan medali)," kata perempuan kelahiran Jakarta, 19 Februari 1998.

Baca Juga: Timnas Basket 3x3 Asah Kemampuan di Piala Asia

Padahal, Ranie menyadari untuk mendapatkan medali harus ada tumbal yang dibayarkan. Belum tuntas rindunya untuk keluarga, juga letih yang belum tuntas setelah menjalani satu musim Srikandi Cup bersama Merapi Bali, dia harus bersama-sama pebasket pelatnas untuk menjalani training camp dengan tinggal bersama-sama di area Blok M, Jakarta.

Ya, Ranie harus menanggung risiko tak bisa setiap hari tinggal di rumah, meskipun kediaman kedua orang tuanya, pasangan M. Zari dan Helmiyah, ada di Pancoran, Jakarta. Dia juga memahami waktu bersama-sama teman di kampusnya berkurang. Ranie sudah ditunggu jadwal padat berlatih pagi dan sore. Juga jadwal uji coba yang tak hanya sekali atau dua kali sepanjang training camp.

Dua Dunia Pebasket Cantik Ranie PalmaRanie Palma (Grandyos Zafna/detikSport)

"Justru itu yang harus dijadikan semangat, harus total karena kita bermain untuk Indonesia. Kalau itu terlalu berat, ingat saja seenggaknya kita main buat orang yang kita sayang. Kita sudah ninggalin orang tua ya harus dibayar dengan prestasi," ujar dia.

Total di basket, Ranie tak pernah merasa kehilangan kesempatan untuk berprestasi di bidang lain. Dia mengikuti audisi Miss Indonesia. Mula-mula, dia mengikuti kompetisi itu di level DKI Jakarta pada 2016.

Modalnya, selain tinggi badan 172 cm juga sederet prestasi di basket. Kendati multi talenta, piano, nyanyi, menggambar, berenang, bulutangkis, prestasi Ranie yang paling menonjol di tahun itu adalah basket. Sejak dari level pelajar hingga nasional.

Baca Juga: Intip Latihan Tim Basket Putri 3x3 Jelang Piala Asia

Ranie juga cuek kendati tak selangsing peserta lain. Malah posturnya cenderung berisi selayaknya atlet yang rutin melahap latihan fisik.

[Gambas:Instagram]

"Prestasi di bidang lain waktu kecil. Prestasi di miss ini itu atau model cover majalah ini itu aku nggak punya hahaha," ujar Ranie kemudian tertawa.

Di ajang itu Ranie sempat kesulitan saat memakai heels setinggi 12 cm, juga khawatir kala harus menjalani sesi make up sendiri. Dalam prosesnya, seluruh proses dijalani dan Ranie meraih gelar Miss DKI Jakarta. Dia pun masuk top 15 Miss Indonesia 2016 dan mendapatkan predikat Miss Lifestyle.

"Dua dunia itu memiliki keterkaitan satu sama lain. Aku menjadi orang yang selalu enggak mau menyerah dan harus bisa meninggalkan zona nyaman," ujar Ranie.



(fem/fem)

FOKUS BERITA: One on One: Ranie Palma
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed