DetikSport
Selasa 15 Mei 2018, 19:07 WIB

Antisipasi Macet Saat Asian Games, Area Ganjil-Genap Diperluas

Mercy Raya - detikSport
Antisipasi Macet Saat Asian Games, Area Ganjil-Genap Diperluas Selama Asian Games area ganjil-genap akan diperluas (Rengga Sancaya/detikSport)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana memperluas area penerapan ganjil-genap saat Asian Games berlangsung. Uji coba akan dilakukan awal Agustus.

Anies menyampaikan hal tersebut di Hotel Atlet Century, Senayan, Selasa (15/5/2018). Menurutnya cara ini menjadi solusi mengatasi kemacetan yang belum terselesaikan sejak test event Asian Games 2018 Februari lalu.

Untuk diketahui, atlet dan ofisial Asian Games diharapkan tidak terlalu lama menghabiskan waktu dalam perjalanan dari mulai wisma altlet menuju venue. Idealnya mereka menempuh jarak waktu 34 menit.



"Untuk jalur non tol di sekitar lokasi acara kami akan menerapkan ganjil-genap yang akan dimulai awal Agustus ini. Jadi kami akan membiasakan masyarakat bahwa ada jalur busway dan ada kebijakan ganjil-genap di semua rute di sekitar Trans Jakarta dan semua jalan di sekitar semua lokasi atau venue Asian Games," kata Anies.

Anies mengatakan pemberlakukan ganjil genap ini akan mulai disosialisasikan secara masif setelah Lebaran, atau pertengahan Juni mendatang.

"Sehingga saat 18 Agustus nanti (pembukaan Asian Games) masyarakat sudah terbiasa dengan ganjil-genap di rute-rute tersebut. Itu yang akan kami lakukan dan kami berharap bisa menyelesaikan masalah utama untuk mengantar atlet dari wisma atlet menuju venue dengan tepat waktu," ujarnya.

Diakui Anies, penerapan ganjil-genap akan memberi tantangangannya masing-masing. Terlebih jarak setiap venue rata-rata jauh, terkecuali JIEXPO Kemayoran.



"Seperti Padepokan Pencak Silat di Taman Mini Indonesia Indah. Meski sudah ada jalur tapi jadi tantangan tersendiri," katanya.

"Contohnya saja dari wisma atlet ke SUGBK itu 22 kilometer, sementara menuju JIEXPO Kemayoran hanya butuh 3,7 km. Jadi tak masalah.'

"Berikutnya Eco Park itu membutuhkan 6,5 km. Ini jika melewati jalur khusus akan aman. Sementara ke Pulo Mas dibutuhkan waktu 17 km, dengan rute yang sama. Kami akan siapkan jalur khusus yang nantinya akan ada pembatas khusus,"

"Khusus velodrome jaraknya 20 km, Insya Allah 30 menit terjangkau. Sedangkan venue Padepokan Pencak Silat sekitar 29 km. Ini yang mungkin akan kami diskusi lebih jauh apakah atlet memang (harus) tinggal di wisma atlet atau ada opsi lain karena secara obyektif jaraknya jauh," Anies menjelaskan.

"Untuk lapangan golf Pondok Indah jaraknya 41,5 km yang dengan normal akan tertantang untuk bisa sampai 30 menit," ucapnya.


(mcy/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed