detiksport
Follow detikSport
Senin, 21 Mei 2018 22:48 WIB

Demi Keamanan, Penonton Asian Games Diimbau Tak Bawa Tas

Mercy Raya - detikSport
Demi keamanan, penonton Asian Games 2018 diimbau tak membawa tas. (Foto: -) Demi keamanan, penonton Asian Games 2018 diimbau tak membawa tas. (Foto: -)
Jakarta - Pengunjung Asian Games 2018 diimbau tidak membawa tas ketika menonton di berbagai venue, termasuk saat upacara pembukaan dan penutupan. Demi keamanan semata.

Asian Games akan berlangsung pada 18 Agustus sampai 2 September 2018. Ajang ini akan diikuti oleh 45 negara dengan jumlah peserta sekitar 15 ribu atlet dan ofisial.


Pemerintah terus berupaya mencari cara untuk meningkatkan keamanan Asian Games, termasuk menerapkan sejumlah aturan yang memungkinkan tidak nyaman bagi sebagian pihak. Serangan bom bunuh diri di sejumlah titik di kota Surabaya baru-baru ini jelas membuat panitia Asian Games lebih waspada lagi.

Proses akreditasi diperkirakan akan lebih ketat. Selain itu akan ada aturan dan pemeriksaan ketat terkait barang bawaan para pengunjung.

Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir mengungkapkan nantinya para pengunjung takkan diizinkan membawa tas ke dalam venue. Namun sebagai salah satu opsi untuk memudahkan masyarakat, kemungkinan akan ada loker-loker di sejumlah titik.


"Nantinya penonton tidak ada yang membawa tas kecuali punya kartu identitas. Jadi hanya membawa yang bisa digenggam di tangan saja," kata Erick di Wisma Serbaguna Senayan, Senin (21/5/2018).

"Tapi tentu nanti di wilayah tertentu yang memiliki loker. Selain itu, kami juga melakukan screening yang dibagi dalam beberapa ring. Semisal ring tiga, ring dua, maupun satu dan itu pasti berjalan."

"Jadi tidak bisa sekonyong-konyong masuk. Sebab situasi seperti ini kami ingin semua orang nyaman tapi terkontrol," tambahnya.

(mcy/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed