detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 28 Mei 2018 17:29 WIB

WorldSSP300

Bos Yamaha: Galang Bisa Juara Tanpa Harus Pakai Mesin 400 cc

Doni Wahyudi - detikSport
Galang Hendra diyakini akan bisa menang meski tanpa memakai motor 400 cc (Yamaha Racing Indonesia) Galang Hendra diyakini akan bisa menang meski tanpa memakai motor 400 cc (Yamaha Racing Indonesia)
Jakarta - Galang Hendra Pratama diyakini akan bisa memenangi seri WorldSSP300 dan mengharumkan Indonesia. Meski motornya tak berkapasitas 400cc, Galang punya kemampuan untuk itu.

"Settingan mesin sangat bagus, juga settingan bodi motornya. Galang bisa jadi juara tanpa harus gunakan mesin 400 cc," ujar Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Minoru Morimoto, kepada wartawan, di PRJ Kemayoran.

Pada seri ke-4 WorldSSP300 yang berlangsung di Sirkuit Denington, Inggris, Galang menunggangi motor andalannya Yamaha YZF-R3 model global yang dirakit di Indonesia. Mesin tunggangan Galang hanya berkapasitas 321 cc, sedangkan dari pihak pesaingnya ada yang menggeber mesin 400 cc.

Meski memang seharusnya pada ajang balap tersebut, motor yang digunakan bermain di kelas 300 cc. Namun hal itu dikatakan Morimoto tidak jadi masalah, karena Yamaha Indonesia yakni Galang tetap bisa tampil cemerlang ditambah dengan pengaturan mesin dan lainnya pada tunggangannya Yamaha YZF-R3.

"R3 yang dia kendarai motornya dua-tiga detik lebih cepat, dia sangat excellent. Motor yang dipakai Galang didukung dengan mesin yang kompetitif, meski harus bersaing dengan mesin yang cc-nya lebih tinggi. Top speed dia hampir sama, ini karena beda torsi," tutur Morimoto.

Selain itu, Galang juga dianggap sudah mempunyai kemampuan balap yang mempuni. " Galang sangat bagus akselerasinya saat race. Dia sangat punya potensi untuk jadi juara ke depannya," lanjut Morimoto.

Setelah memulai balapan di posisi 11, Galang pada akhirnya menuntaskan race di urutan sembilan. Dia jadi rider penunggang Yamaha di posisi teratas. Galang tertinggal 10,006 detik dari Ana Carrasco yang jadi juara.

"Saya cukup semangat karena start dari podium 11 saya rasa posisi yg bagus," ujarnya Galang melalui saluran video call langsung dari Inggris.

Nobar Seru WorldSSP300 Bersama Yamaha

Berbarengan dengan digelarnya WorldSSP300 di Donington Park, Inggris, Yamaha menggelar nonton bareng yang digelar di area Pekan Raya Jakarta, Kemayoran.



"Kita adakan nonton bareng untuk menyaksikan Galang bertarung mendapatkan podium semaksimal mungkin dengan menggunakan motor dari Indonesia, Galang orang Indonesia, jadi mudah-mudahan dapat harumkan nama Indonesia," kata Morimoto.

Galang pun meminta dukungan seluruh masyarakat Indonesia agar dirinya sukses mengharumkan nama bangsa Indonesia dikancah dunia.

"Saya mohon doanya semoga berhasil," katanya. (din/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed