DetikSport
Rabu 06 Juni 2018, 19:35 WIB

Pemprov DKI Akan Gelar Simulasi Lalu Lintas Asian Games 2018 Lagi

Mercy Raya - detikSport
Pemprov DKI Akan Gelar Simulasi Lalu Lintas Asian Games 2018 Lagi Penyelenggaraan Asian Games 2018 semakin dekat. Untuk mengatur lalu lintas di kota Jakarta Pemprov mulai memberlakukan operasi truk kontainer. (Pradita Utama/detikSport)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, berencana untuk menggelar simulasi arus lalu lintas Asian Games 2018. Simulasi dijadwalkan sebanyak tiga kali.

Rencana itu dipaparkan Sandiaga usai rapat koordinasi dengan lintas kementerian di Kantor PMK, Merdeka Barat, Rabu (6/6/2018). Menurut Uno simulasi kedua itu dilakukan agar bisa mencapai waktu tempuh optimal antara wisma atlet ke venue pertandingan.

Baca Juga: Menteri Puan Sinergikan Persiapan Asian Games dan Asian Para Games 2018

"Simulasi pertama sudah kami lakukan beberapa waktu lalu dan laporkan pada saat rapat tadi. Hasil simulasi (pertama) yang kami lakukan mencapai waktu optimal antara main venue dan athlete village itu dibawah 34 menit, yakni 27 menit dengan rekayasa lalu lintas, buka tutup, ganjil genap yang diperluas dan jalur khusus Asian Games di tol," kata Sandiaga kepada pewarta.

Namun, kata Sandiaga, pihaknya masih akan melakukan simulasi lanjutan untuk memastikan kenyamanan transportasi atlet benar-benar lancar pada saat game time.

"Nanti akan terus dilakukan simulasi, ada tiga simulasi lagi baik test event. Sekarang juga sedang finalisasi C-4 tempat parkir di wisma atlet untuk mobilisasi dan sirkulasi kendaraan," ujarnya.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Bebaskan Pajak Tiket Penonton Asian Games 2018

Bagaimana dengan rencana penyesuaian jam sekolah dan kantor? Mantan Ketua PB PRSI itu mengatakan akan segera diumumkan.

"Mengenai libur sekolah Bapak Gubernur dan Menteri Pendidikan akan mengumumkan bahwa diberi tugas khusus pelajar SMP dan SMA, ikut meramaikan dan berpartisipasi di Asian Games sehingga rencananya mereka terlibat dalam event," dia menjelaskan.

"Begitu soal jam kantor sudah dipetakan simulasi traffic. Nanti ada sosialisasi untuk kantor menghindari lokasi venue baik athlete village maupun game. Kalau melewati jalur tersebut, disosialisasikan waktunya," dia menambahkan.

"Kalau tidak ada kepentingan untuk datang melihat dan berpartisipasi, disarankan untuk tidak melalui jalur yang terdampak dengan adanya Asian Games," ujar dia.


(mcy/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed