DetikSport
Jumat 08 Juni 2018, 22:01 WIB

Terkendala Visa, Timnas BMX Batal Uji Coba ke Korea

Mercy Raya - detikSport
Terkendala Visa, Timnas BMX Batal Uji Coba ke Korea Timnas BMX batal uji coba ke Korea Selatan karena terkendala visa (Foto: Pradita Utama/detikSport)
Jakarta - Tim nasional balap sepeda BMX batal melakoni uji coba ke Korea Selatan. Uji coba ini batal lantaran ada persoalan visa.

Rio Akbar dan kawan-kawan sejatinya akan mengikuti balapan Yangyang BMX Internasional di Korsel pada 17 Juni mendatang. Namun, agenda tersebut terpaksa batal karena Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) terlalu mepet mengajukan pembuatan visa.

"Iya (batal) visanya tidak bisa. Jadi setelah tes pertama pada Selasa (5/6) kemarin, kami langsung ke kedutaan. Namun, ternyata terlalu mepet waktunya," kata pelatih kepala timnas balap sepeda, Dadang Haries Purnomo, kepada detikSport, Jumat (8/6/2018).

"Selain itu, berpengaruh dengan hari raya Lebaran kami pikir paling tidak tanggal 13 Juni tutup ternyata tanggal 11 Juni sudah tutup," ujarnya.




Selain menjadi agenda uji coba, balapan di Yangyang juga menjadi bagian dari tes kedua PB ISSI untuk para atletnya. Saat ini, timnas BMX diisi tiga pebalap putra, yaitu Rio Akbar, Toni Syarifudin, dan I Gusti Bagus Saputra.

Federasi harus mencoret salah satu dari mereka lantaran Asian Games hanya menyediakan dua slot rider untuk masing-masing negara peserta.

"Ya kan masih ada satu kali seleksi 21 Juni mendatang. Karena sudah tidak ada lagi. Ada balapan Banyuwangi tapi Juli, sementara entry by name 30 Juni. Jadi mau tak mau tinggal sekali saja tesnya," kata Dadang.




Sebagai gambaran, dalam tes pertama di kawasan Pulo Mas, Jakarta, Bagus menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 35,36 detik, disusul rekan-rekannya Toni (35,71 detik) dan Rio (35,82 detik).
(mcy/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed