detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 25 Jul 2018 14:15 WIB

Kemenpora: Lalu M Zohri Turun di Lari Estafet 4x100 saat Asian Games

Muhammad Fida Ul Haq - detikSport
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Gatot S. Dewa Broto, memastikan Lalu Muhammad Zohri turun di Asian Games 2018. Tapi, Lalu bukan mentas di nomor lari 100 meter.

Gatot menyampaikannya untuk menjawab pertanyaan Komisi X soal partisipasi Lalu, si juara dunia atletik di lari 100 meter U-20 itu, di Asian Games. Gatot mengatakan nama Lalu sudah dimasukkan ke dalam kontingen Asian Games 2018 sejak awal tahun 2018.

"Di tanggal 23 Februari itu ada SK-nya Pak Bob Hasan, Zohri di urutan terbawah ada," kata Gatot di DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (25/7/2018).




Gatot memastikan Kemenpora selama ini ikut terlibat pembinaan Lalu. Anggaran Rp 7 miliar untuk atlet sudah termasuk kepada Lalu.

"Zohri turunnya tidak di 100 meter, turunnya estafet 4x 100 meter, publik harus tahu," Gatot menjelaskan.

Mendengar jawaban tersebut, anggota Komisi X Yayuk Basuki tidak puas. Semestinya, menurut bekas petenis nasional itu, Zohri bisa dipindah ke 100 meter.




Gatot menjelaskan saingan di 100 meter sangat berat. Zohri tetap dipasang di estafet untuk menjaga nama baik Zohri sendiri

"Jadi Zohri punya kelebihan di 4x100 meter. Kalau di 100 meter dipaksakan terjun, juara Asia di incheon itu sudah menembus 9, sekian detik. Sedangkan Zohri baru 10,18 detik," jelasnya.

"Jadi kita menjaga marwahnya Zohri, publik jangan sampai mem-bully, men-judge Zohri, itu infonya," ujar Gatot.


(fdu/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com