Bernuansa Asian Games, Kampung Cempaka Diganjar 3 Ekor Sapi

Raja Adil Siregar - Sport
Jumat, 27 Jul 2018 11:59 WIB
Foto: Raja Adil Siregar/detikSport
Palembang - Palembang bersolek seiring kian dekatnya Asian Games 2018. Kampung Cempaka, yang dianggap berdandan paling keren, diganjar tiga ekor sapi.

Saat memasuki sebuah lorong sempit di Jalan Cempaka, 26 Ili Palembang, terlihat bendera dan mural bertema Asian Games 2017. Mulai dari bendera negara peserta, cabang olahraga, atlet, hingga maskot Asian Games.

Menurut warga, kampung itu awalnya merupakan kawasan padat penduduk dengan beberapa lokasi kosong yang tidak terawat. Kini kawasan menjadi berubah drastis setelah warga saling bahu-membahu melakukan pengecatan dan perbaikan dengan dana patungan.

Kini, kampung Asian Games itu menjadi destinasi wisatawan lokal. Kampung itu menjadi tempat favorit unntuk berfoto. Kampung itu bahkan mendapatkan julukan baru: kampung Cempaka.




"Dana awalnya patungan, warga di sini gotong royong membersihkan lahan kosong menjadi lapangan badminton. Bahkan, sekarang ini seperti menjadi taman bermain oleh anak-anak dan warga saat sore hari," kata salah satu warga, Fenny Linda, saat ditemui Jumat (27/7/2018).


Bernuansa Asian Games, Kampung Cempaka Diganjar 3 Ekor Sapi  Foto: Raja Adil Siregar/detikSport

Hanya bermodalkan dana swadaya dari warga, kampung Cempaka kini didaulat sebagai kampung Asian Games terbaik. Bersaing dengan 72 kampung lainnya di Bumi Sriwijaya, kampung itu pun berhak mendapatkan tiga ekor sapi dari Gubernur dan Walikota Palembang pada pertengahan Juni.

"Iya dapat 3 ekor sapi sebagai juara satu lomba kampung hias Asian Games. Kata panitia karena warga disini juga kompak dan memanfaatkan barang bekas dalam berkreasi," Fenny menambahkan.

"Dulu disini tidak terawat, tapi sekarang sudah berubah drastis. Tiap Sabtu atau Minggu pasti banyak orang yang datang dan foto disini ramai-ramai, warga juga senang ada ruang terbuka," kata wanita berusia 34 tahun itu.

Sementara Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, menyebut seluruh warga di Sumatera Selatan harus terlibat dalam mensukseskan Asian Games. Termasuk salah satunya dengan merapikan tempat tinggal mereka dan membuat kampung Asian Games dengan ide dan kreatifitas masing-masing.


Bernuansa Asian Games, Kampung Cempaka Diganjar 3 Ekor Sapi  Foto: Raja Adil Siregar/detikSport

"Semua warga Sumatera Selatan harus terlibat mensukseskan Asian Games di Palembang dan Jakarta. Semua boleh membuat kampung Asian Games, boleh mau buat apa saja sesuai kreatifitasnya masing-masing karena akan menambah destinasi wisata juga," kata Alex.

Menurut Alex, demam kampung Asian Games mulai tercetus di Sumatera Selatan, khususnya Kota Palembang di awal tahun lalu. Selanjutnya virus positif itu meyebar luas hingga ke pulau jawa, termasuk DKI Jakarta.

"Sekarang kita patut bangga, kampung Asian Games ini pertama di Indonesia. Coba lihat sekarang, semua daerah mulai mengikuti dan Kota Palembang menjadi contohnya dan mendapatkan apresiasi," Alex menambahkan.


(fem/fem)