detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 09 Agu 2018 10:55 WIB

Tonton Blak-blakan Erick Thohir Jelang Asian Games 2018 Siang Ini!

Erwin Dariyanto - detikSport
Ketua INASGOC, Erick Thohir (Agung Pambudhy/detikSport) Ketua INASGOC, Erick Thohir (Agung Pambudhy/detikSport)
Jakarta - Indonesia bertekad untuk meraih sukses sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Tak hanya demi gengsi Tanah Air, namun sekaligus membidik tuan rumah Olimpiade 2032.

Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang bergulir sebentar lagi. Opening ceremony digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 18 Agustus.

Saat acara penutupan yang juga dilaksanakan di SUGBK pada 2 September, Presiden Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC), Thomas Bach, dijadwalkan hadir. Selama di Jakarta, selain menghadiri penutupan, Bach juga diagendakan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Presiden Jokowi dan JK bisa memanfaatkan pertemuan dengan Bach tersebut untuk menawarkan Indonesia sebagai tuan rumah olimpiade 2032. Tapi, sukses Asian Games 2018 yang diikuti 45 negara menjadi pintu pembuka.




Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC), Erick Thohir, pun berharap semua masyarakat turut menyukseskan pesta olah raga terbesar di Asia yang digelar 4 tahun sekali itu. Indonesia harus memaksimalkan kesempatan itu jika ingin menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

"Hanya ada tiga negara di Asia yang pernah menjadi (tuan rumah Olimpiade). Jepang, China dan Korea. Nah kapan lagi kita jadi negara tuan rumah olimpiade, mesti naik kelas lah," kata Erick kepada tim Blak-blakan detikcom.


Keseriusan semua pihak, dia melanjutkan, sangat diharapkan dalam membantu suksesnya pelaksanaan Asian Games ini. Karena untuk olimpiade 2032, kata Erick, Rusia pun dikabarkan berminat untuk mengajukan diri selepas sukses menggelar Piala Dunia kemarin.


"Saya dengan Vladimir Putin berminat untuk ajukan bid (penawaran) untuk olympic 2032," ujarnya.

Erick juga mengungkapkan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Sejumlah atlet mulai tiba di Jakarta sejak Selasa.

Di acara Blak blak-blakan detikcom, Erick Thohir buka-bukaan soal kesiapan pembukaan Asian Games yang akan dihadiri 40 ribu penonton, harga tiket yang dianggap mahal hingga alasan akhirnya dia mau memimpin INASGOC.

Jangan lewatkan Blak blakan Erick Thohir, dari Asian Games ke Olimpiade di detikSport Kamis, 9 Agustus 2018 jam 13.00 WIB!

[Gambas:Video 20detik]




(jat/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com