Dayung Indonesia Buka Lebar Peluang Raih Emas Asian Games 2018

Yanu Arifin, Raja Adil Siregar - Sport
Rabu, 22 Agu 2018 21:51 WIB
Foto: Raja Adil Siregar/detikSport
Palembang - Peluang meraih medali emas dimiliki tim dayung Indonesia seiring keberhasilan lolos ke final Asian Games 2018 di delapan nomor, dari 15 yang dipertandingkan.

Mendayung di JSC Lake, Rabu (22/8), Indonesia lolos ke final A di delapan nomor. Banyak dari nomor itu kategori beregu.

Delapan nomor itu adalah adalah Women's Pair, Men's Pair, Men's 4, Women's Lightweight Quadruple Schulls, Men's Quadruple Sculls, Men's Lightweight Double Sculls, Women's Four, dan Men's Lightweight Eight.

Adapun di dua nomor lainnya, Women Single dan Men's Lightweight Single Schulls, Indonesia cuma meloloskan wakilnya ke Final B.




Menurut Pelatih Dayung Tim Indonesia Budiman Setiawan, dari 15 nomor yang dipertandingakan di Asian Games 2018, Indonesia mengirimkan wakil pada sepuluh nomor. Hal itu membuka peluang meraih medali.

"Delapan nomor masuk final, ini menjadi sejarah bagi Indonesia. Terutama dalam peluang meraih emas Asian Games kali ini," kata Budiman di Jakabaring, Rabu (22/8/2018).

Dengan banyaknya nomor yang tembus ke final, emas perdana Indonesia di Palembang berpeluang hadir. Sebelum ini kontingen Indonesia yang berlomba di venue Palembang baru mempersembahkan perunggu cabang sepak takraw.




"Optimisnya ada empat yang bisa bawa medali, meskipun mereka semuanya ini berpeluang. Kita juga tetap waspada di atlet asal China dan Iran. Oleh sebab itu berbagai faktor diperhatian, termasuk kondisi cuaca dan fisik atletnya sendiri," ucap Budiman.

Sebelumnya, pelatih Dede Romhat juga mengakui cuaca di Palembang saat ini cukup panas. Namun para atlet dsudah bisa menyesuaikan karena sejak tiba di Palembang pada 10 Agustus kemarin.

Dayung Indonesia Buka Lebar Peluang Raih Emas Asian Games 2018Foto: Zabur Karuru/ANTARA Foto/INASGOC

"Cuaca memang cukup panas di sini ya, tapi anak-anak saya rasa sudah paham dan sudah bisa menyesuaikan diri. Jika tidak salah panasnya Palembang itu 38 sampai 40 derajat celcius," katanya.

Delapan nomor final dayung Asian Games 2018 yang ditembus atlet Indonesia:

- Women's Pair (W2 -)
- Men's Pair (M2 -)
- Women's Colxes Four (W4 -)
- Light Weight Men's Double Scull (LM2X)
- Men's Quadruple Scull (M4X)
- Light Weight Womn's Qudruple (LW4X)
- Light Weight Men's Coxless Four (LM4-)
- Light Weight Men's Eight (LM8+)


(krs/krs)