Emas Tiara Andini di MTB Terinspirasi Film 3 Srikandi

Gabriella Wijaya - Sport
Jumat, 31 Agu 2018 13:39 WIB
Foto: (tiara_andini_prastika/Instagram)
Jakarta - Tiara Andini Prastika mempersembahkan medali emas dari balap sepeda gunung (MTB) donwhill di Asian Games 2018. Gadis asal Semarang itu terinspirasi sukses trio srikandi setelah nonton filmya.

Tiara menyabet emas Asian Games itu pada 20 Agustus 2018. Dia mencatatkan waktu 2 menit 33,056 detik.

Pebalap kelahiran 22 Maret 1996 itu ditempel ketat oleh pebalap asal Thailand, Vipavee Deekaballes, dan kompatriotnya, Nining Porwaningsih. Dua pebalap yang disebut terakhir menggondol perak dan perunggu.

Bagi Tiara, MTB untuk donwhill bukanlah 'mainan' baru. Dia menekuni olahraga itu sejak 2012.




Awalnya, Tiara, yang tumbuh di keluarga atlet, ayah dan ibu atlet voli serta almarhum kakaknya menekuni dunia bulutangkis, sempat berlatih olahraga lain. Tapi, jalur kelak-kelok yang menurun tajam di downhill membuatnya tergiur.

"Waktu dulu SD aku bulu tangkis terus SMP sempet atletik juga, baru SMA aku tertarik di sepeda gunung,' ujar perempuan lima bersaudara itu.

Konsisten di nomor downhill, Tiara berhasil menembus pelatnas. Regenerasi pebalap donwhill putri sempat mengkhawatirkan setelah Risa Suseanty pensiun.

Tiara cuma berlatih, berlatih, dan berlatih. Dia makin giat gowes setelah menonton film biopik 3 Srikandi. Mereka tiga pepanah olimpiade Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, dan Kusuma Wardhani, 3 Srikandi.

"Persiapan untuk Asian Games sudah dari tahun 2016. Dari pelatih lebih ke persiapan mental juga," kata Tiara.

"Kalau saya lebih nonton film, aku suka nonton itu, film 3 Srikandi. Lewat film aku bisa lebih termotivasi. Aku jaga nonton berkali-kali film itu," dia menambahkan.

(fem/fem)