detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 08 Sep 2018 14:41 WIB

Rangkaian Haornas dan Kirab Obor Asian Para Games di Ternate Dimulai

Amalia Dwi Septi - detikSport
Kirab obor Asian Para Games 2018 di Ternate (Amalia Dwi Septi/detikSport)
Ternate -
Obor dan lentera Asian Para Games 2018 telah tiba di Ternate, setelah sebelumnya start dari Solo, Jawa Tengah. Puncaknya, api obor akan diarak di Hari Olahraga Nasional (Haornas).

Penyerahan obor dan lentera dilakukan ke Kedaton Kesultanan Ternate, Sabtu (8/9/2018). Sebelum acara dimulai, para panitia INAPGOC disambut dengan tarian daerah Cakalele yang melambangkan semangat atlet Asian Para Games 2018.

Dalam acara tersebut Wakil Ketua Penyelenggara INAPGOC, Raden Isnanta, menyerahkan obor dan lentara yang dibawa dari Solo, ditemani oleh Wakil Direktur INAPGOC, Teguh Raharjo dan Sekjen Pelaksana Bayu Rahardian.






Mereka memberikannya kepada Jogugu Kadato, pejabat kesultanan. Hadir pula dalam kesempatan itu, Walikota Ternate, Burhan Abdurahman.

Api obor nantinya akan dinyalakan dan diarak di perayaan Hari Olahraga Nasional yang digelar di Stadion Gelora Kie Raha, pada Minggu (9/9/2018). Menpora Imam Nahrawi berencana hadir di acara tersebut.

Raden Isnanta menyebut Ternate menjadi salah satu yang mendukung penuh Asian Para Games. Dia berharap semangat untuk menyambut ajang olahraga difabel itu semakin bergelora.

"Ini menandakan bahwa semangat peduli terhadap kaum disabilitas. Semangat untuk kesertaraan terhadap kaum disabilitas akan berkobar dan terus menghiasi kehidupan sehari-hari di kota Ternate," ujar Isnanta.

"Kedua, Ternate dan sekitarnya akan memberikan suport dan spirit yang kuat sesuai semangat api untuk mendukung, mendoakan dan ikut turut serta menyukseskan hajatan tingkat Asia, yaitu Asian Para Games 2018 di Jakarta,"

"Semoga, Indonesia berjaya, Merah Putih berkibar, dan tentu masyarakat Indonesia termasuk di Ternate, akan benar-benar mendukung dan menyukseskan gelaran Asia itu," sambungnya.






Di sisi lain Burhan mengaku bangga Ternate menjadi tempat dirayakannya Haornas sekaligus touch relay Asian Para Games 2018. Masyarakat Ternate disebutnya sangat antusias dan siap mensukseskan acara tersebut.

"Alhamdulillah, hari ini lentera api Asian Para Games telah diserahkan Panitia kepada pemerintah dan kesultanan Ternate, untuk disemayamkan semalam di kesultanan Ternate."

"Kami, rakyat Maluku Utara, rakyat Ternate dan seluruh perangkat adat kesultanan Ternate turut berbangga dan berbahagia, terimakasih, pemerintah dan masyarakat kota Ternate dan kesultanan Ternate, diberikan kepercayaan untuk ikut bersama sukseskan Asian Para Games."

Dia pun menyebut masyarakat Ternate sangat antusias dan mendukung penuh Asian Para Games 2018. Ini sekaligus membangkitkan semangat berolahraga di Ternate.

"Asian Para Games menjadi helatan olahraga tingkat Internasional, ini berikan pemahaman kepada kami semua, bahwa teman-teman disabilitas juga mempunyai kesempatan yang sama di segala bidang, termasuk dalam bidang olahraga."

"Karena itu kami akan memberikan dukungan secara maksimal, mendoakan, agar disabilitas Indonesia sukses dalam Asian Para Games, berhasil dan selanjutnya olahragadapat menjadi kebanggaan bagi seluruh rakyat Indonesia," tutupnya.

Dalam acara kirab obor nantinya akan start di Kesultanan Ternate dan diarak ke Landmark pada pukul 06.00 WIB. Ada sekitar 2.000 peserta yang akan mengawal kirab obor tersebut.


(ads/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com