detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 08 Sep 2018 19:35 WIB

Haornas Bangkitkan Semangat Olahraga di Pulau Tidore

Amalia Dwi Septi - detikSport
Perayaan Haornas ke-35 di Kepulauan Tidore (Amalia Dwi Septi/detikSport) Perayaan Haornas ke-35 di Kepulauan Tidore (Amalia Dwi Septi/detikSport)
Tidore - Antusiasme menyambut Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-35 menjalar ke Kota Tidore Kepulauan. Anak-anak berlomba-lomba menampilkan kemampuan berolahraga.

Ribuan anak-anak sekolah itu berkumpul di bibir pantai Tugulufa, Sabtu (8/9/2018). Ajang ini menjadi rangkaian perayaan Haornas yang jatuh Minggu (9/9/2018) besok.

Deputi Pembudayaan Olahraga Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Raden Isnanta, menyebut Gala Desa adalah wadah mencari anak-anak berpotensi. Apalagi, Menpora Imam Nahrawi sudah menggalangkan moto, 'Dari Desa Menuju Pentas Dunia'.






Isnanta meyakini akan banyak bakat-bakat muda muncul dari kota yang memiliki 8 kecamatan dan 40 kelurahan tersebut. Dia pun mengajak pemerintah kota untuk mengembangkan bakat yang ada di setiap desa.

"Kegiatan Gala Desa juga dasar menyukseskan program "Ayo Olahraga" dan "Gerakan Masyarakat Sehat" Kementerian Pemuda dan Olahraga yang dimulai dari desa-desa," jelas Isnanta.

Sementara itu, Asdep Olahraga Pendidikan Kemenpora yang membawahi program Gala Desa ini, Alman Hudri, mengatakan Tidore adalah kota yang bagus untuk olahraga.

"Tidore kota kecil dengan hanya memiliki delapan kecamatan, namun kota ini sukses meraih delapan predikat Adipura. Kami termotivasi untuk review mengisi kota yang sudah baik ini dengan olahraga agar masyarakatnya lebih terasa lagi kebersamaannya, seusai Instruksi Presiden yakni membangun dari desa dan sebelumnya pemerintah pun hadir," ujar Alman Hudri.

Tak hanya anak-anak, para kaum lansia juga turut meramaikan Haornas. Mereka mengikuti Festival Senam Lansia di kawasan Car Free Day Pantai Tuga Lufa, Tidore.






Meski usianya tak lagi muda, para lansia terlihat mampu melakukan gerakan-gerakan tanpa kenal lelah. Mereka sangat menikmati olahraga senam itu.

"Secara sejarah masyarakat tahu Tidore, baik perjuangan maupun budaya. Dan kami ingin memberikan apresiasi dan prestasi dalam olahraga. Prestasi ini tidak berarti dalam bentuk medali, namun di sini sudah terbukti sebagai kota kecil terbersih di Indonesia. Tentu dengan kondisi seperti ini, masyarakat dapat hidup sehat. Itu menjadi bagian dari kampanye kami, dalam konteks pembudayaan olahraga," terang Isnanta.

"Dan ternyata kami tidak salah memilih, bahkan saya tidak menyangka lansia yang hadir lebih banyak dari yang saya perkirakan. Itu pertanda harapan hidup di sini luar biasa. Dan ini juga menjadi paket pengiring dari Haornas."

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Senin, mengajak masyarakatnya untuk terus aktif berolahraga. Dengan berolahraga, masyarakat akan mendapatkan dampak positif.






"Saya berharap Gala Desa terus dilaksanakan di Tidore Kepulauan. Ini adalah penghargaan yang diberikan pemerintah pusat. Kami berharap setiap saat ada di sini. Jangan lupakan Tidore karena Tidore memiliki sejarah perjuangan terhadap bangsa yang cukup besar," tandas Senin.


(ads/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com