detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 09 Sep 2018 17:45 WIB

Rayakan Haornas, Atlet Jawa Tengah di Asian Games Dikirab Keliling Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikSport
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikSport Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikSport
Jakarta - Hari Olahraga Nasional (Haornas) dirayakan oleh masyarakat Solo dengan mengikuti Pekan Olahraga Warga Solo (Porwaso). Atlet Asian Games 2018 asal Jawa Tengah dikirab.

Perayaan Haornas digelar di Lapangan Kottabarat, Banjarsari, Solo, Minggu (9/9). Porwaso diawali dengan apel Haornas yang dipimpin oleh Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo. Apel dibuka dengan atraksi beladiri kempo.

Apel kemudian dilanjutkan dengan pembukaan Porwaso oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Pembukaan ditandai dengan pemukulan bola kasti oleh Ganjar.




"Ini acara yang sudah lama kami rencanakan. Diikuti oleh peserta dari lima kecamatan. Lombanya tradisional, seperti tarik tambang dan gobak sodor," kata Wali Kota Rudy.

Masih rangkaian Porwaso, para atlet asal Jawa Tengah yang kemarin turut berlaga dalam Asian Games 2018 dikirab keliling kota. Mereka pawai menggunakan kereta kuda.

Rute kirab yakni mulai Lapangan Kottabarat ke selatan, lalu masuk ke car free day Jalan Slamet Riyadi, kemudian belok ke Jalan Gajah Mada, kemudian melintasi Jalan Yosodipuro dan kembali ke Kottabarat.

Tampak 20 atlet ikut dalam kirab, seperti peraih emas panjat tebing, Aries Susanti. Kemudian ada Alfian M Fajri, warga Solo yang turut berlaga dalam cabang olahraga panjat tebing Asian Games.

"Ini bentuk apresiasi pemerintah kepada para atlet yang sudah mengharumkan bangsa Indonesia," kata Rudy.


(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed