detiksport
Follow detikSport
Rabu, 19 Sep 2018 11:57 WIB

Atlet Belum Terima Alat Asian Para Games, Kemenpora: Kami Akan Cek Hari Ini

Mercy Raya - detikSport
Ilustrasi Asian Para Games 2018. (Agung Pambudhy/detikSport) Ilustrasi Asian Para Games 2018. (Agung Pambudhy/detikSport)
Jakarta - Asian Para Games 2018 sudah di depan mata, tapi belum seluruh peralatan tanding diterima atlet. Kemenpora akan segera mengeceknya.

Kontingen Indonesia untuk Asian Para Games mayoritas sudah siap tempur. Mereka hanya tinggal menjaga mental dan fisik agar jangan sampai sakit.

Tapi, belakangan muncul keluhan kalau peralatan tanding belum seluruhnya diterima. Yakni, kursi roda.

Sekretaris Menpora, Gatot S. Dewa Broto, memprediksi ada proses administrasi yang masih terganjal, meskipun dari komunikasi terakhir antara Kemenpora dengan National Paralympic Committee (NPC) masalah itu tak dimunculkan.

Mereka sempat duduk satu meja dalam sebuah rapat koordinasi Asian Para Games. Agenda itu dihadiri oleh Kementerian Lembaga Terkait, Panitia Penyelenggara Asian Para Games (INAPGOC), juga perwakilan Chef de Mission di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, pada Selasa (18/9/2018).

"Jadi, saat rapat sempat saya tanya kepada pihak ketua NPC Senny Marbun. So far, dia mengatakan tidak ada kendala karena (sudah) ada koordinasi dengan pihak kejaksaan dan bea cukai (terkait peralatan impor). Ini hanya masalah waktu kok. Kejaksaan bukan diartikan ada masalah ya tapi karena CdM-nya itu kan dari kejaksaan. Justru mereka membantu," kata Gatot kepada detikSport, Rabu (19/9/2018).





Kejadian terhalangnya peralatan sejatinya bukan kali ini saja terjadi. Pada persiapan Asian Games 2018 pengerjaan setting venue senam mundur beberapa hari lantaran peralatan yang tidak bisa dibuka lantaran proses administrasi.

Gatot mengamini persamaan itu. Untuk itu, dia berharap di waktu yang tersisa ini bisa termaksimalkan dengan baik.

"Harapan kami juga sama (tidak ada keterlambatan). Trus faktanya baru kemarin, saat rapat saya tanya sendiri kepada pak Senny (NPC) ada masalah gak? Karena saya tak ingin ada muncul pemberitaan. Lebih baik diselesaikan sekarang. Dan jauh-jauh hari kami sudah mengingatkan. Kemarin yang ngomong justru saya. Kejaksaan ada pihak pak senny ada dan bilang tdk ada keluhan apapun," katanya.

"Ya proses. Namanya proses administrasi.Saya tak tahu yang penting kami sudah mengingatkan di awal. Hari ini kami cek lagi. Sesuai tidak dengan yang kami dapatkan (kemarin)," ujarnya.


Simak Juga '270 Bus Low Deck Disiapkan untuk Atlet Asian Para Games':

[Gambas:Video 20detik]

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed