detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 22 Sep 2018 05:27 WIB

Asian Para Games Makin Dekat, Pelatih Paraswimming Perbanyak Diskusi Dengan Atlet

Mercy Raya - detikSport
Foto: istimewa Foto: istimewa
Solo - Atlet paraswimming saat ini sudah hampir siap tempur. Tim pelatih perbanyak komunikasi dengan sharring bareng atlet.

Sekitar dua pekan lagi Asian Para Games 2018 akan bergulir di Jakarta. Multievent terbesar kedua setelah paralimpiade ini akan mempergandingkan 18 cabang olahraga penyandang disabilitas.

Paraswimming jadi cabor yang diandalkan untuk menyumbang medali emas dari 16 medali emas yang ditargetkan pemerintah maupun National Olympic Committe.







Menuju itu, tim kepelatihan paraswimming terus menggeber latihan atlet. Namun kali ini lebih spesifik. Tidak hanya teknik tapi psikologis atlet. Maklum main sebagai tuan rumah terkadang lebih berat bebannya ketimbang saat di luar negeri.

Pelatih kepala paraswimming Handoko Purnomo menyadari hal itu. "Maka itu, setiap latihan satu hari itu, ada satu sesi dimana saya gunakan untuk briefing, berkumpul dengan para atlet. Jadi memang itu untuk membicarakan soal apa, bagaimana. Karena dengan itu bisa melatih mental mereka juga," kata Handoko kepada detikSport, Jumat (21/9/2018).

"Ya deg-degan pasti ada. Malah hampir semuanya atlet iti deg-degan. Makanya kita berusaha agar atlet itu mencurahkan apa yang menjadi keganjalan dirinya."

"Hal lainnya, anak-anak sekarang sudah tahap tinggal perbaikan saja. Artinya mana yang masih perlu dipertajam lagi, diperbaiki startnya, pembalikannya, dan kecepatannya," tambahnya.






Paraswimming mematok target tiga medali emas di multievent level Asia tersebut. Target itu diproyeksikan datang dari Jendi Pangabean, Laura Aurelia Dinda, dan Suci Indriani.

"Soal target memang yang kami andalkan mereka bertiga. Tapi tidak tertutup kemungkinan bakal ada kejutan. Siapa itu? Tergantung nanti hasil klasifikasi semoga tidak ada perubahan," katanya.

Klasifikasi paraswimming akan dilakukan 1 Oktober hingga menjelang pertandingan.

"Kami rencana ke Jakarta pada 30 September. Setelah itu anak-anak latihan di stadion akuatik karena akan ada klasifikasi," demikian dia.

Tonton Juga: 'Song of Victory' Asian Para Games 2018 yang Banjir Pujian'

[Gambas:Video 20detik]





(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed