detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 30 Sep 2018 01:50 WIB

Cavalcade, Konvoi Mobil yang Unik di Tour de Banyuwangi Ijen 2018

Ardian Fanani - detikSport
Cavalcade di Tour de Banyuwangi Ijen 2018. (Foto: Ardian Fanani/detikSport) Cavalcade di Tour de Banyuwangi Ijen 2018. (Foto: Ardian Fanani/detikSport)
Jakarta - Menjaga tradisi tahun lalu, Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2018 kembali diramaikan dengan cavalcade (konvoi) mobil hias cantik. Hiasannya yang unik dan bermacam-macam menyita perhatian.

Satu jam sebelum para pebalap melintasi rute, masyarakat dihibur dengan 14 mobil cavalcade, yang bagian atasnya berhiaskan patung-patung unik dan menarik. Di antaranya, replika para pebalap, patung ikan, dan berbagai patung lainnya.




Cavalcade di lomba balap sepeda internasional memang sudah biasa dilakukan. Seperti pada even Tour De France, cavalcade menjadi bagian yang tak terpisahkan.

"Tahun lalu kita buat seperti ini. Kembali lagi, ini berupaya meningkatkan kualitas kompetisinya, kami juga ingin ada hal baru yang menarik dari sisi kemasan atraksinya, cavalcade ini salah satunya. Idenya didapat saat Tour de France," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada detikcom, Sabtu (29/9/2018).

Cavalcade ini terus mengawal perhelatan ITdBI 2018 mulai dari etape 1 hingga etape 4. Total rute yang ditempuh sama dengan rute yang dilalui para pebalap, yakni 599 kilometer.




Mobil dalam rombongan cavalcade ini merupakan mobil-mobil dari sponsor dan perusahaan pendukung ajang yang sudah digelar untuk ketujuh kalinya ini. Salah satunya adalah PT Bumi Suksesindo (BSI).

Operator tambang emas Gunung Tumpangpitu, Kecamatan Pesanggaran, tersebut ikut andil dalam konvoi ITdBI 2018.

"Keikutsertaan kami ini sebagai bentuk dukungan kepada Pemkab Banyuwangi dalam ITdBI 2018. Tak hanya ajang ini, dari 77 event Banyuwangi Festival kami ikut serta mensukseskan ajang ini," ujar T. Mufizar Mahmud, Corporate Communications Manager PT Bumi Suksesindo.




Mufizar menilai event ITdBI 2018 tahun ini semakin sip. Karena selain tim yang bertanding lebih profesional, penyelenggaraan kegiatan juga sangat rapi dan terencana.

"Sangat baik, lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Kami selalu akan mendukung ajang yang menjunjung sportivitas ini," pungkasnya. (raw/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com