detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 14 Okt 2018 00:23 WIB

Tonton Langsung Asian Para Games, Sabria Terharu

Mercy Raya - detikSport
Sabria Kono di acara Asian Para Games 2018. (Foto: Mercy Raya/Detikcom) Sabria Kono di acara Asian Para Games 2018. (Foto: Mercy Raya/Detikcom)
Jakarta - Presenter televisi Sabria Kono menjadi salah satu penonton penutupan Asian Para Games 2018. Ajang olahraga penyandang disabilitas itu membuat dia menangis haru.

Sabria datang bersama keluarga dan dua anaknya di Stadion Madya, Senayan, Sabtu (13/10/2018). Kebetulan, sang suami, Rio Febrian juga menjadi salah satu pengisi acara. Dia terkesima dengan penyelenggaraan Asian Para Games yang dianggapnya sukses.

"Menurut saya ajang Asian Para Games ini sangat menyentuh kami, masyarakat, buat kami tidak menyerah. Terkadang kami yang sempurna saja suka banyak mengeluh, sementara mereka yang disabilitas tapi tetap berjuang, semangat, dan yang pasti mereka mengharumkan nama Indonesia," kata Sabria.

"Pertandingan saya sempat nonton para renang kemarin. Karena saya kan tinggal di Yogyakarta.
Saya nonton sampai menangis. Tidak tahu kenapa ya. Karena saya melihat mereka itu semangatnya tinggi banget apalagi yang tidak bisa melihat," tambahnya.




Bagi Sabria bersinggungan dengan penyandang disabilitas bukan kali ini saja. Dalam kehidupan sehari-hari dia juga memiliki teman yang kurang sempurna.

"Tapi kami tidak boleh merasa kasihan dengan mereka karena mereka pikirannya positif banget dan tidak boleh seakan-akan dibeda-bedakan. Tetapi support karena banyak di bidang ini yang mereka bisa manfaatkan. Jadi bukan mereka tidak berguna tapi dengan kekurangan itu mereka lebih semangat untuk buat sesuatu," ujar dia.

"Tapi menurut saya di Indonesia khususnya di Jakarta sudah banyak kok temapt-tempat yang khusus pengguna disabilitas. Dari toilet, aksesbilitas, semoga dengan acara ini penonton banyak yang disabilitas juga. Mereka bisa menonton acara ini, benar-benar diperhatikan. Semoga seperti kita harus merasa sama, merasa satu."

"Jadi mereka sudah harus disamakan fasilitasnya. Kita yang sempurna harus sportif juga. Justru mereka bisa lebih hebat dari kita dan itu jadi motivasi kita," dia menambahkan.




(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com