detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 05 Nov 2018 20:20 WIB

Pemain Asing IBL 2018/2019 Jalani Tes Kesehatan

Mercy Raya - detikSport
Foto: Mercy Raya/detikSport Foto: Mercy Raya/detikSport
Jakarta - Sebanyak 17 pemain asing Indonesian Basketball League (IBL) 2018-2019 menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Royal Progress, Jakarta Utara, Senin (5/11/2018). Tiga lainnya menyusul.

IBL musim 2018-2019 akan bergulir 30 November-2 Desember. Pemain asing telah tiba di Indonesia. Mereka menjalani serangkaian tes sebelum benar-benar bermain bersama tim-tim terbaik di Indonesia.

Direktur Liga, Hasan Gozali, mengatakan pengecekan kesehatan atlet asing menjadi bagian dari rangkaian sebelum kompetisi bola basket nasional itu resmi digulirkan. Hal ini untuk memastikan pemain asing bisa berlaga dengan baik, untuk tim maupun liga.




"Seperti biasa setiap serinya kami selalu mengadakan medical chek up. Kali ini ada 17 pemain asing yang sudah cek kesehatan. Harapannya dengan kedatangan pemain asing ini bisa lebih menarik," kata Hasan dalam jumpa persnya di RS Royal Progress.

Hasil tes kesehatan akan didapatkan tiga sampai empat hari ke depan. Bagi atlet yang ketahuan mengalami cedera parah akan langsung dipulangkan ke negaranya, sementara atlet asing dengan cedera ringan akan dipertahankan.

"Minimal cedera ringan itu dua pekan bisa disembuhkan. Jika berat akan kami pulangkan dan kami beri kesempatan untuk tim memilih kembali pemain asing lainnya," ujar dia.

Sementara itu, IGM Febry Siswanto, Orthopedic Sports Surgeon, mengatakan medical chek up dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan terkini para atlet asing IBL. Ada tiga tahapan yang akan dilakukan dari mulai medical chek up, pengukuran tinggi badan, hingga melihat kondisi persendian.

"Jadi melalui screening yang dilakukan ini kami jadi mengetahui kondisi tulang, otot, dan sebagainya supaya bisa meminimalisir terjadinya cedera. Tentu harapannya agar mereka juga bersaing di IBL ini," kata Febry.

Pemain asing yang bakal mengikuti medical cek up sebanyak 20 orang. Tiga lainnya masih menyusul selain Jammar Johnson, pemain asing Pasific Caesar Matthew Van Pelt, dan pemain Hang Tuah Gerry Jacob.

Matthew belum menjalani tes kesehatan lantaran baru tiba di Indonesia hari ini. Sedangkan Gerry dijadwalkan tiba Selasa (6/11/2018). Dia terkendala dengan paspornya.

Dior Lowhorn, pemain asing Satria Muda, antusias atas keterlibatannya kembali di IBL.

"Ini adalah tahun kedua saya bermain dan melakukan medical chek up di sini. Ini qdalah hal bagus untuk atlet. Menghadapi musim baru ini adalah tahun ketiga saya bermain di sini," kata Dior.

"Saya adalah rookie. Saya senang dengan proses di sini, orangnya baik dan kotanya indah. Saya tertantang dengan musim baru dan berharap membuat sesuatu yang baru," timpal pemain asing Bogor Siliwangi Michael Philip Vigilance.




(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed