detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 12 Des 2018 19:58 WIB

Pebalap Internasional Ramaikan Final Balap Supermoto 2018 di Malang

Mercy Raya - detikSport
Foto: Mercy Raya/detikSport Foto: Mercy Raya/detikSport
Jakarta - Final balap supermoto bertajuk Trial Game Asphalt 2018 akan bergulir akhir pekan ini. Di ajang tersebut pebalap internasional akan ikut ambil bagian.

Trial Game Asphalt 2018 akan berlangsung 14 sampai 15 Desember ini di Sirkuit Stadion Kanjuruhan, Malang. Ada empat nomor yang dilombakan, nomor profesional, nonpro, open, dan komunitas. Masing-masing nomor itu melombakan empat kelas yaitu 175 open, 250 open, FFA 250m dan FFA 450.

Sebelum babak final ini, trial game asphalt telah berlangsung di empat seri, yakni Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Boyolali. Sejauh ini, Doni Tata masih memimpin dalam pengumpulan poin dari empat seri tersebut.



Di akhir pekan ini akan dilangsungkan seri terakhir yang sekaligus babak penentuan siapakah rider yang berhak menyandang predikat juara umum.

Promotor Tjahyadi Gunawan mengatakan pertimbangan memilih Malang sebagai lokasi final karena melihat banyak komunitas trial yang tinggi. Harapannya dengan digelar di lokasi tersebut akan banyak penonton yang hadir.

"Di Malang cukup ramai karena komunitas trial cukup banyak. Kami harap semua bisa tertampung karena yang dikhawatirkan adalah kapasitas penontonnya. Kami target 20 ribuan penonton. Dan untuk penonton yang tak bisa menikmati ada live streaming," kata Gunawan dalam jumpa pers di kawasan Senayan City, Rabu (12/12/2018).

Di final ini sudah ada sekitar 120 rider yang terdaftar, termasuk rider nasional seperti Dimas Ekky Pratama dan Gerry Salim. Keduanya merupakan pebalap yang saat ini tengah berlaga di ajang Moto3 CEV dan Moto2 CEV.

Selain mereka balapan juga diikuti rider supermoto ternama internasional seperti Lewis Cornish (Inggris), Germain Vincenot (Prancis), dan Jan Deitenbach (jerman). Mereka akan turun di kelas FFA450 internasional championship.



"Saya sangat bersemangat dan tidak sabar untuk tampil di trial game. Saya sudah bilang ke Jan dan Germain jika kita akan sangat menikmati jalannya race nanti. Ini pasti akan luar biasa," kata Lewish, yang merupakan juara FIM Asia Supermoto 2017 ini.

Gerry Salim mengungkapkan hal senada. Menurutnya persaingan di balapan nanti akan berlangsung sengit.

"Menurut saya persaingannya akan lebih keras. Semua pebalap yang main di trial games asphalt kencang-kencang semua," kata Gerry, juara Asia Road Racing Championship 2017 kelas AP250 ini. (mcy/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com