detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 16 Des 2018 16:32 WIB

Doni Tata Juara Umum Kelas FFA 250 Trial Games Asphalt 2018

Muhammad Aminudin - detikSport
Doni Tata juara umum kelas FFA 250 Trial Games Asphalt 2018. (Foto: Istimewa) Doni Tata juara umum kelas FFA 250 Trial Games Asphalt 2018. (Foto: Istimewa)
Jakarta - Doni Tata Pradita sukses menjadi juara umum kelas FFA 250 Trial Games Asphalt 2018. Ini sekaligus menandai keberhasilannya mempertahankan titel.

Doni menjadi juara umum kelas FFA 250 Trial Games 2018 di sirkuit Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang. Pebalap asal Yogyakarta ini mengoleksi 225 poin, unggul jauh dari dua rival terdekatnya yakni Tommy Salim (203) dan Farudila Adam (199).

Doni sendiri menuju ke seri Malang dengan tinggal mengamankan posisi saja. Dia sudah membawa bekal bagus dengan juara di Seri 1-3, lalu finis sebagai runner-up di seri keempat.




"Alhamdulillah, saya masih bisa mempertahankan gelar juara umum. Untuk race ini lebih bermain aman. Pada race kedua, saya lebih memaksimalkan. Di sini saya coba bermain poin saja," ujar Doni pada wartawan usai menyelesaikan race final kelas FFA 250 di Sirkuit Kanjuruhan, Minggu (16/12/2018).

Rider 28 tahun ini bukannya tanpa kendala di lintasan. Problem di suspensi membuatnya harus bermain aman demi poin-poin berharga.

"Ada problem di suspensi depan, ketika mau cepat pengaruh pada ban. Makanya aku sedikit memperlambat kecepatan dan main aman," tutur Doni.

Prestasi tak kalah gemilang diraih Gerry Salim, yang mengalahkan tiga pebalap asing di kelas FFA 450 internasional. Dua race di kelas FFA 450 Internasional mampu dimenangkan oleh Gerry, sehingga meraih 50 poin.




Tiga pebalap asal Eropa yakni Lewis Cornish (Inggris), Germain Vincenot (Prancis), dan Jan Deteinbach (Jerman), harus rela tak berdiri di podium. Setelah Gerry, posisi kedua ditempati Farudila dan disusul oleh Doni Tata.

"Saya sangat senang, ada pebalap Jerman dan Prancis dan saya bisa juara. Cukup berat (persaingannya), mereka sangat berpengalaman," ujar Gerry.

Gerry sendiri mengikuti kejuaraan ini sekadar mengisi waktu, bertepatan dengan jadwal pulangnya ke Indonesia. Sebab saat ini dia tinggal di Eropa karena tampil di Moto3 CEV.

"Saya tinggal di Eropa, mengikuti balapan di sana, jadi tidak semua race saya bisa ikuti. Ini kebetulan pulang dan bisa ikut," tegasnya.

(raw/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com