detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 18 Des 2018 01:05 WIB

Perwosi Beri Penghargaan ke 20 Mantan Atlet Wanita Berprestasi

Amalia Dwi Septi - detikSport
Perwosi beri penghargaan kepada sejumlah mantan atlet wanita. (Foto: Amalia Dwi Septi/detikSport) Perwosi beri penghargaan kepada sejumlah mantan atlet wanita. (Foto: Amalia Dwi Septi/detikSport)
Jakarta - Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) memberikan penghargaan kepada sejumlah mantan atlet wanita berprestasi pada masanya. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk perhatian.

Penghargaan Perwosi tersebut digelar di Auditorium Mutiara, PTIK, Jakarta, Senin (17/12/2018). Dalam kesempatan itu dihadiri oleh Ketua Umum Perwosi Tri Suswati dan sejumlah mantan atlet wanita.

Perwosi memberikan penghargaan kepada 20 atlet wanita yang berprestasi pada masanya. Di antara lain, Tati Sumirah yang menjuarai Piala Uber 1975 dan Maria Lawalata (emas SEA Games 1991).

Tri Suswati menjelaskan penghargaan ini untuk menghargai sekaligus mengingatkan kembali akan perjuangan mereka mengharumkan nama Indonesia. Perwosi termotivasi setelah melihat prestasi Indonesia di Asian Games dan Asian Para Games 2018.


"Kriteria yang kami berikan adalah atlet-atlet yang telah memberikan prestasi medali emas di Olimpiade, Asian Games, SEA Games, dan PON. Kriteria lainnya yaitu dari kemampuan ekonomi dan kesehatan mereka, ada piagam dan dana bantuan untuk mereka," ujar Tri dalam rilis yang diterima detikSport, Senin (17/12/2018).

"Bantuan bervariasi antara Rp 3-10 juta, karena terus terang memang kemampuan kami baru segitu, tapi mudah-mudahan bisa cukup membantu,"

"Karena kami terinspirasi kemarin dari Asian Games dan Para Games bahwa negara kami punya banyak sekali atlet yang mengharumkan nama Indonesia. Dan kami seharusnya tidak melupakan atlet-atlet yang dulunya telah mengharumkan bangsa Indonesia," katanya menambahkan.

Sementara itu mantan atlet atletik, Starlet Irianneke, mengaku sangat terharu dengan penghargaan tersebut.

"Ini baik sekali untuk di zaman kami yang kurang diperhatikan. Sekarang diperhatikan gini sangat bangga banget, kalau dulu kan kurang ya perhatiannya," katanya mantan pelari jarak 800-1500 itu.

Berikut ini daftar atlet wanita berprestasi yang mendapat penghargaan dari Perwosi:

1. Murdasih (Senam)

2. Sri Purwidiyati (Atletik)

3. Sutirta Siwi Akip (Tenis meja)

4. Starlet Irianneke Anzela (Atletik)

5. Carla Tedjasukmana (Tenis meja)

6. Maria Lawalata (Atletik)

7. Marina Segedi (Pencak silat)

8. Tati Sumirah (Bulutangkis)

9. Ana Manopo (Voli)

10. Leane Suniar (Panahan)

11. Diana Tedjasukmana (Tenis meja)

12. Martha Kase (Atletik)

13. Rodiawati Dahlan (Pencak silat)

14. Supriyati Sartono (Atletik)

15. Yuni Astuti (Bulutangkis)

16. Winarni (Angkat besi)

17. Lenni Haeni (Dayung)

18. Suryati (Atletik)

19. Carolina S. Rieuwpassa (Atletik)

20. Susanna Nanlohy Rieuwpassa (Atletik)


(ads/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com