detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 06 Feb 2019 11:21 WIB

Mandeh Run di Padang Diramaikan 2 Ribu Pelari

Jeka Kampai - detikSport
Mandeh Run 2019 dihelat 3 Maret. (Jeka Kampai/detikSport) Mandeh Run 2019 dihelat 3 Maret. (Jeka Kampai/detikSport)
Jakarta - Padang punya hajat lomba lari BRI Mandeh Run 2019. Ajang itu diramaikan 2000 pelari lokal, nasional, dan internasional.

Perlombaan itu digeber 3 Maret 2019 di Kawasan Wisata Mandeh, Kecamatan XI Koto Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Ajang itu sekaligus mempromosikan kawasan wisata Mandeh, yang disebut-sebut sebagai "Raja Ampat Sumatera".

Komisaris Utama Bank BRI, Andrinof Chaniago, mengatakan event yang dihelat BRI bersama Karambia Runners itu disiapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Yakni, berkisar satu setengah bulan.


"Gagasan ini muncul karena kita memiliki kawasan yang bagus. Kawasan Wisata Mandeh yang luar biasa indahnya. Ajang ini bisa membuat daerah ini makin dikenal," kata mantan Menteri PPN/Kepala Bappenas itu kepada wartawan di Padang, Selasa (5/2/2019).

Ia menjelaskan, untuk mendukung event tersebut, BRI sebagai sponsor tunggal, menggelontorkan dana sekitar Rp 3 miliar.

Dalam ajang itu, partisipan akan berkompetisi di kategori lari 5K, 10K dan 21K Nasional dan 21K Internasional. Para pelari akan memperebutkan hadiah hingga Rp 400 Juta.

"Harapan kita semua unsur bisa memberikan dukungan. Ini bisa menggerakkan pariwisata, sehingga diharapkan bisa berlangsung secara berkelanjutan," kata Andrinof.

Sekda Pesisir Selatan, Erizon menyambut baik event ini. "Pemerintah daerah akan mendukung sepenuhnya," ujar Erizon.

Race Director, Imam Al Akbari, menyebutkan, Mandeh Run sudah tercatat dalam agenda nasional.

"Saat ini, sudah ada 800 peserta yang mendaftarkan diri. Dari luar negeri antara lain sudah ada dari Kenya, Perancis dan Inggris. Perkiraan kita akan banyak lagi yang lain, karena pendaftaran masih dibuka panitia," Imam menjelaskan.

(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed