detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 31 Mar 2019 16:46 WIB

Lalu Zohri Raih Emas di Malaysia, PB PASI: Modal Bagus Menuju Tokyo

Mercy Raya - detikSport
Lalu M Zohri juara di Malaysia Grand Prix 2019 (dok.PB PASI) Lalu M Zohri juara di Malaysia Grand Prix 2019 (dok.PB PASI)
Kuala Lumpur - Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) mengapresiasi hasil Lalu Muhammad Zohri di Malaysia Open Grand Prix 2019. Hasil tersebut jadi modal menuju Olimpiade 2020.

Bertanding di Bukit Jalil, Malaysia, Sabtu (30/3/2019), Zohri berhasil finis di posisi pertama dengan catatan waktu 10,20 detik. Zohri meninggalkan jauh tujuh pelari lainnya, termasuk wakil tuan rumah di final nomor lomba lari 100 meter putra.

Di posisi dua pelari Malaysia Zulfiqar Ismail membukukan waktu 10,41 detik. Menyusul peringkat ketiga diraih pelari Taiwan, Wei Hsu Wang, dengan catatan waktu 10,44 detik.




"Ya ini kompetisi pertama yang mereka ikuti. Jadi menurut saya ini awal yang baik, perjalanan menuju lolos Kejuaraan Dunia dan Kualifikasi Olimpiade 2020. Prosesnya kan panjang jadi momentum ini bagus untuk mereka," kata Tigor kepada detikSport, Minggu (31/3/2019).

Perhitungan kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo baru akan dimulai Mei mendatang. Sementara untuk perhitungan menuju Kejuaraan Dunia Atletik di Doha, September 2019, sudah dimulai sejak tahun lalu.

Zohri direncanakan bisa lolos dikeduanya di dua nomor yakni lomba lari 100 meter putra dan 4x100 meter estafet putra.




Di nomor estafet putra, Zohri akan berlari bersama Eko Rimbawan, Bayu Kartenagara serta dua atlet baru Muhammad Bisma Diwa dan Joko Kuncoro asal Jawa Timur. Keduanya masih dicoba untuk menggantikan M. Fadlin, yang kini menjadi asisten pelatih tim estafet putra dan Yaspi Boby.

"Sebenarnya hanya Fadlin. Boby enggak. Karena dia tidak ikut saat estafet putra dapat perak. Jadi sebenarnya kami mencari pengganti Fadlin. Nah, ini lagi dicoba-coba dengan dua pelari estafet baru kita, Joko dan Dimas," dia menjelaskan.

"Dua-duanya (100 meter dan estafet putra karena kansnya sama kok. Sama susahnya," ujar Tigor.


(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com