detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 02 Apr 2019 20:43 WIB

ISSOM 2019 Dimulai Akhir Pekan Ini, Peserta Lebih Banyak

Mohammad Resha Pratama - detikSport
ISSOM 2019 memulai seri pertamanya akhir pekan ini (Resha Pratama/detikSport) ISSOM 2019 memulai seri pertamanya akhir pekan ini (Resha Pratama/detikSport)
Jakarta - Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2019 akan digelar kembali mulai akhir pekan ini. Untuk edisi tahun ini, jumlah peserta meningkat 10 persen.

ISSOM 2019 akan memulai seri pertamanya 5-7 April mendatang di Sirkuit Internasional Sentul. Ada enam seri yang dipertandingkan sampai akhir tahun nanti dengan 12 kelas dipertandingkan, Untuk tahun ini jumlah peserta diperkirakan mencapai lebih dari 300 pebalap, setelah tahun lalu diikuti sekitar 280 pebalap.

"Semua persiapan sudah siap, hanya persiapan untuk teknis ada regulasi-regulasi yang harus kami benahi dengan ABM. Untuk masalah kelas-kelas, kami berharap pembalap bisa ikut turun di beberapa kelas walau hanya dengan satu jenis mobil," ujar General Manager Sirkuit Sentul, Lola Moenek di Kaffeine, Jakarta, kemarin.




Untuk menambah daya saing para pebalap serta menyuguhkan aksi aktraktif untuk penonton, Lola selaku pihak sentul dan ABM Enterprise selaku promotor sudah menciptakan banyak balapan, sehingga para peserta bisa memilih kelas sesuai keinginannya.

Regulasi baru yang baru dikeluarkan juga sudah akan dilaksanakan dalam ISSOM tahun ini, yakni mobil produksi Asia bisa head-to-head dengan mobil produksi Eropa, tidak spesifik hanya mobil buatan tertentu yang dapat berlaga dan bisa mendaftar lebih dari satu kelas.

Untuk tahun ini, balapan malam kembali digelar sebagai salah satu seri andalan ISSOM. Night Race ini diharapkan bisa menarik penonton lebih banyak lagi dan rencanya digelar 30 Agustus-1 September.




"Persiapan untuk balap malam akan kami tingkatkan terus, tahun ini jumlah lampu di sirkuit kami tambah lebih banyak sampai dengan 100 titik." tambah Lola.

Sementara itu, dari pihak ABM yang diwakili CEO-nya Vivi Montolalu menginginkan balapan berlangsung lebih seru lagi dan bakal muncul tim-tim kejutan untuk memanaskan persaingan.

"Saya berharap persaingan tahun ini lebih seru dan banyak pebalap yang bisa memberi kejutan nantinya. Soal balapan malam nanti bakal ada keterangan lebih lanjut," papar Vivi.

Ananda Mikola selaku Director of Racing Comission Ikatan Mobil Indonesia (IMI) meminta pihak penyelengara agar lebih serius lagi menggarap ISSOM tahun ini. Agar nantinya muncul lagi pebalap-pebalap Indonesia di kancah internasional.

"Terima kasih karena ISSOM bisa terselenggara. kami bisa menyelenggarakan musim ini lagi. Banyak jebolan issom membela indonesia di luar negeri. saya berharap issom bisa mengikuti aturan FIA ke depannya. Yang pasti harapannya banyak pebalap nantinya mengharumkan Indonesia di kancah dunia," timpal Ananda.




Jadwal ISSOM 2019

5-7 April Seri I

5-7 Juli Seri II

2-4 Agustus Seri III

30 Agustus - 1 September Seri IV (Night Race)

11-13 Oktober Seri V

30 November - 1 Desember Seri VI


(mrp/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com