detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 23 Apr 2019 09:31 WIB

Menpora Dukung Perhelatan Fornas Edisi Kelima di Samarinda

Amalia Dwi Septi - detikSport
Kemenpora gelar Fornas 2019 di Samarinda (Amalia Dwi Septi/detikSport) Kemenpora gelar Fornas 2019 di Samarinda (Amalia Dwi Septi/detikSport)
Jakarta - Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) edisi kelima digelar. Menpora Imam Nahrawi mendukung Formi mensosialisasikan olahraga rekreasi di acara tersebut.

Fornas dijadwalkan digelar 15-18 November dengan Samarinda, Kalimantan Timur sebagai tuan rumah. Event tersebut akan meliputi 37 induk organisasi olahraga serta 10 cabang olahraga kearifan lokal yang bernaung di Formi dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Beberapa cabang olahraga yang akan dipertandingkan telah menjadi olahraga prestasi di Indonesia seperti pencak silat, dayung, sepeda BMX, panjat tebing, skateboard, hingga olahraga baru yang langsung digandrungi masyarakat yakni e-Sport.




Dalam acara peluncuran logo dan maskot Fornas edisi kelima yang dilakukan di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (22/4/2019), turut hadir Imam Nahrawi bersama Ketua Umum Formi Hayono Isman bersama pejabat Kemenpora lainnya.

Imam mengapresiasi komitmen Formi untuk terus membangun olahraga rekreasi. Hadirnya Fornas diharapkan menumbuhkan minat olahraga kepada anak-anak.

"Ya ini bagus, kami juga harus mendorong organisasi seperti Formi maupun organisasi olahraga rekreasi ini harus mendapatkan tempat sampai kemudian ada pekan olahraga. Kami dorong agar anak-anak agar terbiasa bergerak terbiasa untuk olahraga, olahraga apa saja," ujar Imam.

"Formi juga nanti akan mempromosikan berbagai macam olahraga rekreasi masyarakat yang dulunya tumbuh di masyarakat yang sekarang tentu harus kami dorong dan modifikasi kembali," sambungnya.

Seperti diketahui, penerapan Undang-undang Nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, olahraga rekreasi adalah satu dari tiga pilar keolahragaan yang dikembangkan di Indonesia.




Luncurkan Logo dan Maskot

Untuk mematangkan persiapan, Formi pun meluncurkan logo dan maskot khusus Fornas tahun ini. Mengusung tema Pemberdayaan Olahraga Rekreasi Masyarakat mendukung kesuksesan pembangunan SDM Indonesia, Fornas kali ini mengusung logo cukup dinamis.

Dalam logo tersebut, tampak berlatar pelangi dengan lima selendang emas yang mengartikan jumlah pelaksanaan Fornas yang telah memasuki edisi kelima.

Pose dua orang pahlawan dan perwakilan lima cabang induk organisasi yang berhimpun di FORNAS juga menjadi penghias logo. Kesan yang menggambarkan jika induk-induk cabor yang bernaung tersebut siap bertanding dan menjadi yang terbaik.

Sedangkan untuk maskot, Fornas kelima ini memilih sosok Pesut Mahakam yang populasinya kian terancam. Padahal, mamalia tersebut memiliki keahlian mendeteksi dan menghindari rintangan, sejalan dengan para peserta yang berjumlah 15 ribu orang siap menjadi yang terbaik di Fornas kelima ini.

"Ini adalah lauching maskot dan logo Fornas kelima. Fornas ini adalah PON nya olahraga masyarakat, olahraga rekreasi. Jadi di sana itu akan hadir sekitar 64 induk olahraga yang berhimpun di Formi, dan mereka akan menampilkan berbagai keunikan, berbagai olahraga yang mereka miliki dari olahraga tradisional, seni budaya sampai olahraga kesehatan dan kebugaran serta olaharaga anak-anak muda, yaitu olahraga petualang dan tantangan," papar Hayono.


(ads/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed