detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 27 Mei 2019 13:35 WIB

Palembang Tuan Rumah MXGP 2019

Raja Adil Siregar - detikSport
MXGP 2019 dipastikan dilangsungkan di Palembang. (Raja Adil Siregar/detikSport) MXGP 2019 dipastikan dilangsungkan di Palembang. (Raja Adil Siregar/detikSport)
Palembang - Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Sadikin Aksa, memastikan Palembang menjadi tuan rumah seri kejuaraan motocross internasional MXGP 2019. Diramaikan peserta dari 28 negara.

"Palembang ini sekarang menjadi sports tourism Indonesia yang lokasinya berada di Jakabaring. Secara resmi, pagi ini, kami menandatangani kesepakatan atau MoU untuk mendatangkan event MXGP di 6-7 Juli 2019," kata Sadikin Aksa di kantor Gubernur Sumsel, Senin (27/5/2019).

Kejuaraan MXGP merupakan event tertinggi motocross offroad. Dua tahun beruntun, pada 2017 dan 2018, ajang itu dilangsungkan di Kota Pangkal Pinang. Tahun lalu ajang serupa juga dilangsungkan di Semarang.

"Ini event ketiga dan kami pastikan akan diselenggarakan di Palembang. Fasilitas di sini lengkap, lahan luas dan lokasinya sangat strategis di Jakabaring," katanya.

"Tahun ini, rencananya diselenggarakan di Palembang dan Semarang, tapi tahun ini kami tunggu dari Semarang. Kalau tidak ada kabar, semua.di bawa ke Palembang saja," katanya.


Sadikin menyebut ajang itu akan diramaikan 1.500 ofisial dan peserta dari perwakilan 28 negara.

"Tahun lalu, penyelenggaraan di Pangkal Pinang itu sempat bermasalah. Banyak penonton yang nggak bisa hadir karena keterbatasan penerbangan. Bahkan alat dan perangkat sekitar 60 ton untuk acara sulit sampai ke lokasi," katanya.

"Pernah juga kami dapat kendala sampai 20 jam nggak bisa berangkat karena ada pendangkalan air laut. Masih banyak lagi masalah lain dan akhirnya diputuskan di Palembang dan gubernur pun siap," kata Sadikin.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru memastikan Palembang siap menjadi tuan rumah MXGP. Dia pun menilai MXGP sebagai olahraga seluruh kalangan.

"Saya awal ketemu dengan ketua IMI ini langsung saya katakan Palembang siap. Kita punya lahan luas di Jakabaring, ini apa yang dibutuhkan kita suport," ujar Herman Deru.

"MXGP ini olahraga yang merakyat, pasti banyak yang datang untuk menyaksikan. Belum lagi nanti turis, bisa sampai 3 ribu yang datang. Saya fikir motocross bukan hanya oleharaga milik orang kota, orang kaya, tapi milik masyarakat umum juga," katanya.

Secara tegas Herman Deru memastikan Palembang siap menjadi tuan rumah jika Semarang belum memberikan jawaban. Dia akan membantu seluruh persiapan agar event motocross itu diselenggarakan di Palembang.

"Janganlah nunggu Semarang seminggu lagi pak Sadikin, ambillah sekarang. Kita siap," tegas Herman meyakinkan seluruh perwakilan IMI.

Hadir dalam penandatanganan MOU staff Ahli Bidang Olahraga Irwansyah, Sekda Provinsi Sumsel, Nasrun Umar dan pengurus IMI PUsat dan daerah.

(ras/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com