detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 29 Mei 2019 20:35 WIB

Sempat Terkendala Biaya, Srikandi Sukabumi Juara Dunia Arung Jeram

Syahdan Alamsyah - detikSport
Foto: Syahdan Alamsyah/detikSport Foto: Syahdan Alamsyah/detikSport
Sukabumi - Tim arung jeram putri Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Sukabumi menyabet gelar jawara Kejuaraan Dunia Arung Jeram atau World Rafting Championships (WRC) 2019. Mereka sempat kekurangan biaya.

Gelar juara dunia itu direbut tim yang diperkuat Selawati Solihin, Andara Rizma, Lista Natasya Peniawati, Nita Karlina, Siwi Widiastuti, Siti Nurranti dan Dhika Aulia Qotrunnada saat tampil di Tully River, Queensland, Australia, Minggu (19/5/2019). Kini, mereka pulang dan telah berada di Sukabumi, Jawa Barat.

Kepada pewarta, mereka menyampaikan persiapan sebelum berangkat hingga menjadi jawara.

"Modal kami hanya keyakinan optimistis untuk menang, meskipun di detik-detik akhir keberangkatan kita terkendala biaya, ada sih sponsor tapi itu hanya untuk peralatan selama latihan. Kami sempat kebingungan dari mana mendapat dukungan biaya," kata kapten tim, Selawati Solihin, di Gedung Negara Pendopo Sukabumi, Rabu (29/5/2019).


Upaya untuk mencari dukungan biaya tercapai. Mereka mendapatkan kucuran dana dari Bupati Sukabumi, Marwan Hamami.

"Perjuangan kami menjalani sesi latihan ketat akhirnya tidak sia-sia, tiket ke Australia sudah disiapkan pihak federasi, sementara untuk akomodasi dan lainnya kita nihil. Alhamdulillah ada respons dari Pak Bupati dengan memberikan bantuan sebesar 5000 dolar, saat itu kami semua nangis karena haru keajaiban datang di saat-saat terakhir," ujar Selawati.

Kembali ke soal kejuaraan yang diikuti, Junior Rafting Team (JRT) asal Sukabumi berhadapan dengan lawan yang tidak main-main, diantaranya dari Selandia Baru, Great Britain atau Britania Raya, Jepang dan tuan rumah Australia.

"Kami sempat keder juga, mindet melihat lawan yang postur tubuhnya jauh laj dibandingkan kita. Tapi karena yakin, semua sesi perlombaan kita berhasil meraih medali emas, perak dan perunggu," ujar Selawati.

Di akhir kejuaraan, mereka meraih dua medali emas, dari nomor Head To Head dan slalom. Satu medali perak didapat dari nomor sprint. Terakhir, satu medali perunggu diraih dari nomor Down River Race (DRR). Selain itu tim arung jeram Indonesia putri ini juga mendapatkan satu tambahan emas dari overall. Pada pertandingan tersebut.

Sementara itu, asisten pelatih JRT Rahmat Hidayat mengaku bangga dengan anak asuhnya karena berhasil meraih posisi pertama di ajang kejuaraan tingkat dunia tersebut.

"Mereka adalah Srikandi asli kelahiran Cikidang, Sukabumi. Pelatihan ketat sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 2014 ketika beberapa diantara mereka ada yang masih sekolah SMP dan SMA. Saat ada kesempatan kami beranikan diri ikut dan Alhamdulillah hasilnya tidak mengecewakan," kata dia.

(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com