detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 14 Jul 2019 14:37 WIB

Agus Prayogo Fokus SEA Games 2019, Bukan Olimpiade 2020

Mercy Raya - detikSport
Agus Prayogo berfokus SEA Games 2019. (Mercy Raya/detikSport) Agus Prayogo berfokus SEA Games 2019. (Mercy Raya/detikSport)
Jakarta - Pelari nasional, Agus Prayogo, memilih untuk berfokus kepada SEA Games 2019 Filipina ketimbang Olimpiade 2020 Tokyo. Itu setelah limit B nomor lari jarak jauh di olimpaide ditiadakan.

Bersama pelari nasional jarak jauh lainnya, Agus digodok di Pangalengan, Jawa Barat. Awalnya, dia digembleng untuk menjalani rangkaian kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020, namun perubahan regulasi berimbas kepada konsentrasinya. Olimpiade Tokyo hanya memberi jalan untuk peserta agar lolos catatan waktu limit A, tidak seperti Olimpiade sebelumnya yang membuka jalan lewat limit B.

Berdasarkan catatan waktu, Agus menilai peluang lolos limit A, 2 jam 11 menit dan 30 detik, sangat tipis. Saat ini, waktu terbaik Agus 2 jam 21 menit 9 detik, yang sudah cukup untuk lolos limit B. Dia mencatatkannya di Gold Coast di Australia, Juli 2016.


"Kecewa pasti ada karena waktu persiapan Olimpiade empat tahun lalu catatan waktu untuk lolos limit B ada. Namun sekarang dari Jepang hanya mengeluarkan limit A saja," kata Agus usai menjuarai Jakarta International 10K di Rasuna Said, Kuning, Jakarta, Minggu (14/7/2019).

Kondisi itu pun membuat Agus mengalihkan fokusnya ke multievent Asia Tenggara, SEA Games 2019 di Filipina. Di ajang yang dilangsungkan tiap dua tahun sekali itu, Agus akan turun di tiga nomor, yakni 5.000 meter, 10.000 meter, dan full marathon.

"Dari tiga nomor itu saya mematok target emas dari salah satunya. Khususnya nomor lari 10.000 meter," kata dia.

Agus optimistis karena persiapannya sudah berjalan sejak lama. Seiring persiapan untuk kualifikasi Olimpiade. Selain itu, prajurit TNI ini juga baru saja mencatatkan rekor nasional di kejuaraan maraton di Gold Coast, dengan catatan waktu 1 jam 6 menit 26 detik. Dia memecahkan rekor atas namanya sendiri 1 jam 7 menit 17 detik.

"Persiapan sudah dibilang cukup bagus dilihat kemarin try out sudah pecah rekor, tinggal mempertahankan dan meningkatkan. Lagipula dua tahun lalu saya juga dapat emas di nomor 10 ribu meter, jadi saya optimistis bisa. Semoga bisa mencuri di nomor lain juga," ujar dia.

"Kalau untuk usia tidak ada masalah karena nomor-nomor endurance makin bertambah usia makin bagus dan itu sudah saya buktikan kemarin dengan pecah rekor nasional yang sudah 10 tahun. Jadi saya optimistis yang penting kuncinya optimis dan terus berlatih," Agus melanjutkan.



Simak Video "Menpora Boyong Pemenang Piala Presiden eSports ke Pelatnas SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed