detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 25 Jul 2019 11:49 WIB

Medali Olimpiade Tokyo 2020 yang Ramah Lingkungan

Yanu Arifin - detikSport
Suasana hitung mundur setahun Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Atsushi Tomura/Getty Images) Suasana hitung mundur setahun Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Atsushi Tomura/Getty Images)
Tokyo - Olimpiade Tokyo 2020 akan digelar tepat setahun lagi. Pesta olahraga sejagat itu sudah memperkenalkan medalinya yang cukup ramah lingkungan.

Olimpiade Tokyo
akan dimulai pada 24 Juli 2020, atau tepat setahun lagi. Pada Rabu (24/7/2019) malam waktu setempat, panitia penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade pun mengenalkan medalinya.

Dinamai Tokyo 2020 Medal Project, panitia berusaha membuat medali yang ramah lingkungan. Ya, medali yang mereka buat untuk Olimpiade 2020 terbuat dari sampah elektronik.

Dilansir Cnet, sebanyak 5.000 medali emas, perak, dan perunggu untu Olimpiade Tokyo 2020, dibuat dari 80 ribu ton sampah eletronik. Panitia menggalang barang elektronik bekas seperti telepon seluler dan barang lainnya dari warga Jepang. Penggalangan mulai dilakukan sejak Februari 2017.

"Kami berharap proyek untuk mendaur ulang sedikit penggunaan elektronik dan upaya kami berkontribusi pada masyarakat yang ramah lingkungan dan berkelanjutan akan menjadi warisan Olimpiade Tokyo 2020," demikian pernyataan panitia penyelenggara Tokyo 2020.







Medali tersebut disimbolkan sebagai energi para atlet serta keberagaman pertandingan. Tokyo 2020 juga berusaha memberi pesan di mana medalinya bisa menjadi 'cahaya persahabatan yang hangat'

Desain medali juga mewakili budaya Jepang, dengan pita yang memperlihatkan ichimatsu moyo modern (pola kotak-kotak) dan kasane no irome (teknik pelapisan kimono). Warna Tokyo 2020 ditambahkan ke pita melalui serat poliester daur ulang yang lebih ramah-kimia co2.

Adapun pelindung medali sedang dibuat oleh pengrajin Jepang "dengan campuran teknik tradisional dan modern." Selain itu, dalam upaya menanamkan budayanya ke Olimpiade dan Paralimpiade 2020, seniman Jepang menciptakan kembali bendera negara-negara yang berpartisipasi dalam karakter anime.




Simak Video "Robot Akan Dilibatkan di Olimpiade Tokyo, Ini Salah Satunya"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com