detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 27 Jul 2019 14:41 WIB

Laporan dari Jepang

Irfan Ardiansyah Terjatuh, Lucky Lakoni Debut di Suzuka 4 Hours

Nugraha - detikSport
Rider Astra Honda Racing Team berpacu di Sirkuit Suzuka 4 Hours Endurance. (Foto: Nugraha/detikSport)
Suzuka - Irfan Ardiansyah terjatuh saat berpacu di Suzuka 4 Hours Endurance. Rider binaan Astra Honda Motor itu pun digantian Lucky Herdiansya, yang memulai debutnya.

Hujan deras dengan angin kencang melanda Suzuka International Circuit, Jepang, sejak pagi, Sabtu (27/7/2019). Para pebalap Suzuka 4 Hours Endurance mulai turun ke lintasan dengan wearpack anti hujan.

Balapan dimulai sejak pukul 09.00 waktu setempat. Memulai balapan dengan berlari menggapai motor masing-masing, para rider bergegas, termasuk Irfan Andriansyah, perwakilan dari Astra Honda Racing Team.

Memulai balapan di posisi 3, rider binaan Astra Honda Motor itu langsung naik posisi ke tempat 2. Lintasan basah dengan angin kencang membuat para rider begitu berhati-hati. Di posisi terdepan, Tanimoto Otojiro terus dibayangi oleh Irfan, mereka bahkan terlibat beberapa kali duel wheel to wheel.




Seperti janjinya, Irfan bakal langsung menyerang sejak putaran awal. Ia pun berhasil mengovertake Otojiro, meski di putaran berikutnya, ia kembali disusul oleh rider pembalap Blue Max Yamaha itu.

"Ngepush sejak awal, syukur-syukur bisa kedua atau ketiga. Asal gapnya nggak terlalu jauh," katanya kepada detikSport, merujuk pada strategi yang bakal dijalankan dalam balapan tersebut.

Selain dua rider tersebut, ada juga Sarapuech Muklada yang merangsek naik ke posisi teratas. Tiga rider itu kemudian memisahkan diri dari pebalap di belakangnya untuk memperebutkan tempat pertama.


Setelah melewati 12 putaran, selama 30 menit balapan, Muklada, yang merupakan pebalap A.P Honda Racing Thailand, berhasil memimpin. Disusul Otojiro dan Irfan di posisi kedua dan ketiga.

Di tempat keempat, ada rider dari Yamaha Indonesia & ITO Racing, Watanuki Maiku. Kemudian pebalap Green Club Nozuka, Uegaki Shoei, berhasil membayangi di tempat kelima.

Namun sial buat Irfan, karena ia mengalami crash di putaran ke-17. Aspal licin membuatnya terseret beberapa meter ke gravel. Motor Honda CBR600RR yang ditungganginya pun hancur di bagian fairingnya. Irfan lantas kembali ke atas motornya itu, hingga ia melanjutkan perjalanan ke paddock.

Setelah melakukan beberapa perbaikan, Irfan digantikan oleh Lucky Hendriansya, pebalap yang akhirnya melakoni debut di kelas ini. Lucky harus memulai balapan dari posisi ke-47, kini hingga lebih dari dua jam balapan, ia berhasil naik beberapa peringkat.

Simak Video "Tanpa Ibrahimovic, AC Milan Kalahkan Crotone"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com